Bayushi Eka Putra, MD

Cardiology and Vascular Medicine Resident in National Heart Centre Harapan Kita

Seminggu di Rumah Sakit Apung dr. Lie, RS Apung Nusa Waluya 2

Kompas.com - 05/05/2022, 08:00 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

TANGGAL 18 April 2022, sebuah post di Instagram feed doctorshare (non-governmental organization yang menaungi kapal dr. Lie) membuka kesempatan untuk bergabung sebagai relawan spesialis di RS Apung (RSA) Nusa Waluya 2 untuk ikut melayani di atas kapal tersebut periode 24-30 April 2022.

Lowongan tersebut dibuka untuk dokter spesialis penyakit dalam, jantung, telinga hidung tenggorokan (THT), anak, neuro (syaraf) dan kulit.

Kebetulan, rekan saya dokter spesialis penyakit dalam sudah pernah melayani di kapal tersebut, sehingga saya tertarik setelah mendengar ceritanya.

Filosofinya jelas, memberikan layanan dokter spesialis kepada masyarakat di daerah terpencil dengan moda transportasi yang ideal untuk Indonesia yang merupakan negara Bahari.

Akhirnya, setelah berhasil mengosongkan waktu di tanggal tersebut, saya mengajukan untuk bergabung sebagai relawan dan syukurlah doctorshare memberikan kesempatan bagi saya untuk bergabung.

Fasilitas RS Apung Nusa Waluya 2

Suasana pelayanan kesehatan di rumah sakit apung Nusa Waluya II.Dok DoctorShare Suasana pelayanan kesehatan di rumah sakit apung Nusa Waluya II.
Fasilitas Rumah Sakit Apung Nusa Waluya 2 terbilang cukup lengkap. Dengan fasilitas foto X-Ray (Rontgen), USG abdomen, rekam jantung elektrokardiografi (EKG), kamar poli lengkap dengan bed pasien, ruang rawat inap, ruang gawat darurat, laboratorium lengkap, hingga kamar operasi.

Bagi seorang dokter jantung, fasilitas tersebut sudah lebih dari cukup untuk melakukan diagnosis awal terhadap pasien.

Selama seminggu, saya sangat terbantu dengan fasilitas yang ada sehingga dapat membuat diagnosis yang tepat, memberikan obat yang sesuai dengan penyakit, merujuk pasien berdasarkan hasil diagnosis yang dibuat, bahkan merawat-inapkan pasien yang ketika datang sangat sesak hingga dapat pulang dengan kondisi nyaman.

Lokasi pelayanan

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.