Kompas.com - 18/05/2022, 19:01 WIB

KOMPAS.com - Pemerintah melonggarkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19 dengan memperbolehkan warga yang sehat tidak pakai masker saat beraktivitas di luar ruangan atau ruang terbuka.

Dilansir dari SehatNegeriku, Selasa (17/5/2022), aturan ini dibuat sebagai salah satu upaya transisi kebijakan kesehatan dari pandemi menjadi endemi.

Selain itu, kebijakan ini turut mempertimbangkan perkembangan situasi Covid-19 di dunia dan Indonesia yang cenderung menurun.

Baca juga: 4 Gejala Flu Singapura yang Perlu Diwaspadai

Setelah dua tahun lebih hidup di tengah-tengah pandemi Covid-19, Anda barangkali sudah terbiasa pergi dan beraktivitas di luar rumah dengan memakai masker.

Tak pelak, begitu terbit aturan pelonggaran pakai masker, sebagian orang merasa canggung sampai cemas ketika tak lagi mengenakan masker saat berada di luar rumah.

Pelonggaran aturan pakai masker bikin cemas, normalkah?

Beberapa pakar menyebutkan, normal apabila sebagian orang merasa canggung sampai cemas ketika harus beraktivitas di luar rumah tanpa masker.

Profesor pencegahan penyakit menular dari Vanderbilt University Medical Center Tennessee AS Dr. William Schaffner menyebutkan, di awal transisi kebijakan protokol kesehatan, normal apabila seseorang merasa cemas.

Dia menyebutkan, kondisi serupa juga jamak dirasakan pasien yang sebelumnya dirawat di unit perawatan intensif dengan pemantauan kesehatan ketat, lalu harus bergeser ke ruang perawatan biasa ketika kondisi kesehatannya sudah stabil.

“Sama-sama timbul rasa cemas di masa transisi seperti ini. Mereka gembira karena kondisi lebih baik, tapi juga khawatir karena rasanya tidak seaman sebelumnya. Butuh waktu untuk penyesuaian,” jelas dia, seperti dilansir dari Healthline.

Sedangkan pakar neuropsikolog Sanam Hafeez, PsyD menyampaikan, banyak orang merasa cemas harus beraktivitas tanpa masker di luar ruangan atau ruang terbuka karena merasa tak mudah menghilangkan kebiasaan yang sudah berjalan beberapa tahun terakhir.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.