Kompas.com - 18/05/2022, 14:00 WIB

KOMPAS.com - Banyak orang menganjurkan sarapan sebelum melakukan aktivitas di pagi hari.

Namun, terkadang kesibukan membat kuta melewatkan sesi sarapan. Padahal, sarapan adalah hal penting agar kita tidak merasa lapar hingga waktu makan siang tiba.

Selain itu melewatkan sarapan juga bisa menyebabkan gangguan kesehatan.

Manfaat sarapan

Menurut ahli gizi dan spesialis kegiatan pencernaan Marilia Chamon, sarapan akan membuat kadar energi menjadi konsisten dan mengontrol keinginan makan.

"Sarapan juga membuat suasana hati menjadi lebih baik," ucap dia.

Ahli diet terdaftar Jesscica Crawley juga mengatakan bahwa banyak penelitian menunukan makan secara teratur, termasuk sarapan, membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan ketahanan fisiologis.

Di satu sisi, sarapan pagi secara teratur dapat memberikan manfaat bagi kesehatan mental Anda.

Riset tahun 2020 yang diterbitkan dalam Psychological Medicine menemukan bahwa mereka yang melewatkan atau menunda makan pagi lebih mungkin mengembangkan gangguan mood.

Studi lain di Public Health Nutrition menemukan hubungan kuat antara sarapan sehat dan peningkatan kesehatan mental pada remaja.

Baca juga: 7 Penyebab Hipertensi pada Anak

Sementara itu, studi di Psychiatry Research pada 716 orang di Jepang menemukan bahwa melewatkan sarapan sering membuat depresi jauh lebih mungkin terjadi.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.