Kompas.com - 07/06/2022, 06:00 WIB

KOMPAS.com - Setelah dua tahun pandemi Covid-19, para pekerja yang semula work from home (WFH) harus kembali ke kantor atau work from office (WFO).

Pekerjaan daring selama pandemi memang memiliki tantangan tersendiri, namun kembali ke kantor rupanya bisa memicu stres dan gangguan cemas.

Dilansir dari Healthline, sebuah studi menyatakan 1 dari 3 karyawan mengatakan bahwa kembali bekerja di kantor memicu dampak negatif pada kesehatan mental mereka.

Baca juga: 7 Faktor Pemicu Gangguan Stres Pasca Trauma

Menurut Naomi Torres-Mackie, PhD, psikolog klinis di Lenox Hill Hospital dan kepala penelitian di Mental Health Coalition, kecemasan sosial menjadi alasan utama banyak orang tak siap kembali ke kantor.

"Bekerja di rumah dengan memanfaatkan zoom sangat berbeda dari berkomunikasi secara langsung. Dua tahun pandemi berefek pada ketrampilan sosial banyak orang," ujar Naomi kepada Healthline.

"Ada kenyamanan psikologis dalam rutinitas ketika bekerja dari rumah dan ketika kondisi kembali seperti semula (WFO), bisa memicu kecemasan, perasaan khawatir, kurang percaya diri, dan gelisah." imbuhnya

Apabila Anda mengalami stres, gangguan cemas, hingga depresi saat kembali ke kantor, simak 5 tips berikut.

1. Terima kecemasan Anda

Rasa cemas cenderung memburuk saat Anda denial atau menolaknya. Naomi Torres-Mackie menyatakan, menerima dan mengakui perasaan tersebut dapat membantu memulihkan mental.

"Jika dapat menerima bahwa Anda mengalami masa yang sulit dan menormalkannya dengan anggapan banyak orang merasa stres, mungkin rasa gundah itu akan berkurang intensitas dan frekuensinya," ujar Naomi Torres-Mackie.

Saat pikiran diliputi dengan pertanyaan seperti 'seharusnya tidak sesulit ini', 'mengapa orang lain tampak baik-baik saja?', maka Anda bisa melatih pikiran dengan pernyataan berikut:

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.