Kompas.com - 22/06/2022, 07:00 WIB

KOMPAS.com - Kasus Covid-19 di Indonesia kembali meningkat selama beberapa pekan terakhir, setelah kebijakan lepas masker di tempat umum dijalankan.

Peningkatan signifikan kasus Covid-19 mulai terlihat sejak awal pekan ini sebanyak 591 kasus, kemudian penambahan 930 kasus, hingga tembus 1.242 kasus ada tengah pekan.

Kementerian Kesehatan memperkirakan jumlah kasus Covid-19 akan terus meningkat hingga akhir Juli 2022.

Baca juga: Omicron BA.4 dan BA.5, Dokter Ingatkan Lagi Pentingnya Vaksin Covid-19 dan Prokes

"Situasi endemi menunjukkan penyakitnya ada tetapi penularannya terkendali, jadi endemik bukan berarti kondisi yang bebas penyakit," kata Ketua Umum PB IDI, dr Adib Khumaidi dalam konferensi pers di kantor Sekretariat PB IDI pada Selasa (21/6/2022).

Subvarian BA4 dan BA5 Covid-19 menjadi varian of concern yang dikhawatirkan saat ini karena mudah menular.

Sehingga, dr Adib menegaskan memakai masker serta menerapkan protokol kesehatan lainnya di tempat umum tetap perlu untuk mencegah kasus Covid-19 melonjak lagi.

“Kami meminta kerja sama semua pihak baik pemerintah, swasta, maupun masyarakat untuk tetap perlu menjalankan berbagai upaya kewaspadaan strategi pencegahan dan sistem pengendalian penularan yang kuat," himbaunya.

"Penanganan ini tidak bisa dilakukan oleh tenaga medis saja, namun semua pihak secara bersamaan,” tegasnya.

Baca juga: Tak Boleh Lengah karena Aturan Lepas Masker, Tetap Ingat Virus Masih Intai Masyarakat

Ketua Bidang Penanganan Penyakit Menular PB IDI, Dr dr Agus Dwi Susanto meminta pemerintah mengkaji kembali kebijakan lepas masker di tempat umum.

Masyarakat diminta untuk tetap melakukan protokol kesehatan ketat, seperti memakai masker, mencuci tangan, dan menggunakan hand sanitizer.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.