Kompas.com - 22/06/2022, 06:01 WIB

KOMPAS.com - Flu adalah penyakit yang sering menyerang, terutama saat daya tahan tubuh melemah atau ketika cuaca sedang tidak menentu.

Ketika penyakit menyerang, penderita bisa merasakan gejala flu seperti demam, badan panas dingin, sakit kepala, nyeri otot, pegal-pegal, hidung tersumbat, pilek, batuk kering, atau sakit tenggorokan.

Dalam kondisi seperti ini, penderita sebaiknya tidak banyak beraktivitas. Selain itu, coba beberapa cara mengatasi flu secara alami yang praktis di rumah berikut ini.

Baca juga: 7 Obat Flu Alami yang Praktis dan Efektif Mengatasi Sakit

Cara mengatasi flu secara alami

Sejumlah bahan alami dan cara sederhana bisa membantu meredakan flu di rumah. Berikut beberapa di antaranya:

  • Banyak istirahat

Saat flu menyerang, upayakan untuk banyak istirahat. Dilansir dari WebMD, Tubuh membutuhkan banyak tenaga untuk melawan biang penyakit. Jika susah tidur, Anda bisa rebahan di sofa atau tempat tidur.

Ketika tidur, gunakan posisi setengah duduk dengan sandaran bantal yang tinggi. Dengan begitu, napas jadi lebih lancar dan gejala hidung tersumbat atau pilek tidak semakin memburuk.

Untuk sementara hindari dulu banyak beraktivitas. Jangan banyak keluar kamar tidur untuk mencegah penyakit menular pada orang sekitar.

  • Banyak minum, terutama wedang hangat

Upayakan untuk banyak minum saat terserang flu. Minum atau hidrasi ini penting untuk mengencerkan lendir yang menggumpal di saluran pernapasan.

Lendir encer pun jadi lebih mudah dikeluarkan dari tubuh lewat ingus atau dahak. Apabila tidak dikeluarkan, lendir bisa menumpuk di paru-paru dan memicu infeksi.

Dilansir dari Healthline, Anda bisa minum banyak air putih. Atau, minum wedang hangat seperti wedang jahe, teh herbal tanpa kafein seperti chamomile, atau perasan lemon yang diberi sedikit madu.

Baca juga: 8 Cara Mengatasi Flu dengan Cepat

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.