Kompas.com - 27/06/2022, 15:00 WIB

KOMPAS.com - Tanda peringatan penyakit paru-paru penting kita ketahui karena bisa membantu untuk mendapatkan perawatan sebelum kondisi menjadi serius.

Mengetahui Premier Health, penyakit paru-paru mengacu pada banyak gangguan yang mempengaruhi paru-paru.

Ketika Anda memiliki penyakit paru-paru, tubuh Anda mungkin tidak mendapatkan cukup oksigen.

Beberapa penyakit paru-paru, seperti:

  • Asma: penyakit kronis dari saluran bronkial, saluran udara yang membawa udara masuk dan keluar dari paru-paru. Ketika Anda menderita asma, saluran udara menjadi meradang (bengkak) dan sangat sensitif terhadap asap, polusi udara, jamur, semprotan kimia, dan iritasi lainnya.
  • Penyakit paru obstruktif kronik (PPOK): yang mengacu pada dua kondisi, yaitu bronkitis kronis dan emfisema, yang sering terjadi bersama-sama. Kondisi ini membuat sulit bernapas dan biasanya memburuk seiring waktu.
  • Kanker paru-paru: sel-sel paru-paru abnormal (ganas) yang berkembang biak dan tumbuh tidak terkendali.

Baca juga: Macam-macam Penyakit Paru-paru yang Harus Diwaspadai

Mengutip Parade, jika Anda mengalami salah satu atau beberapa dari 13 tanda-tanda peringatan berikut ini, mungkin Anda memiliki penyakit paru-paru:

1. Nyeri dada jangka panjang

Setiap rasa sakit di area dada yang berlangsung lebih dari sebulan bisa menjadi tanda-tanda penyakit paru-paru serius.

Hal yang harus diwaspadai adalah nyeri dada yang sering kali bertambah parah ketika Anda menarik napas dalam, batuk, atau tertawa.

Menurut Villalona-Calero, wakil direktur dan kepala petugas ilmiah di Miami Cancer Institute, tanda-tanda tersebut bisa menjadi gejala kanker paru-paru.

2. Produksi lendir yang berlebihan

Jika Anda memiliki banyak lendir di tenggorokan atau dada yang bertahan selama sebulan atau lebih, ini bisa menjadi tanda-tanda peringatan penyakit paru-paru.

Menurut American Lung Association, dahak diproduksi oleh saluran udara sebagai pertahanan terhadap infeksi atau iritasi.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.