Kompas.com - 14/07/2021, 10:32 WIB
Ilustrasi pneumonia. Ilustrasi pneumonia.

KOMPAS.com - Mengetahui tanda-tanda peringatan dini penyakit paru-paru dapat membantu Anda menerima pengobatan sesegera mungkin sebelum penyakit menjadi serius atau bahkan mengancam jiwa.

Kondisi medis yang termasuk dalam penyakit paru-paru, yakni penyakit paru obstruktif kronis (PPOK), asma, pneumonia, tuberkulosis (TBC) paru, fibrosis paru, dan kanker paru-paru.

Jika Anda mengalami salah satu dari tanda-tanda peringatan berikut, sebaiknya buatlah janji dengan dokter. Deteksi dini bisa menyelamatkan hidup Anda.

1. Batuk kronis

Batuk yang Anda alami selama delapan minggu atau lebih dianggap sebagai batuk kronis.

Baca juga: 11 Cara Mengobati Batuk yang Bisa Dijajal di Rumah

Melansir American Lung Association, batuk kronis adalah gejala yang bisa memberi tahu Anda ada yang salah dengan sistem pernapasan Anda.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

2. Sesak napas

Terkadang sesak napas bisa terjadi pada seseorang setelah melakukan olahraga berat. Tapi sesak napas ini seharusnya bisa hilang setelah beberapa saat.

Menjadi tidak normal ketika sesak napas tidak kunjung hilang setelah berolahraga atau terjadi setelah seseorang hanya melakukan aktivitas ringan, apalagi tidak baru melakukan aktivitas apapun.

Sesak napas atau sulit mengambil napas tersebut bisa menjadi tanda peringatan penyakit paru.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Sumber The Healthy,
Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X