Kompas.com - 27/06/2022, 08:00 WIB

KOMPAS.com - Pemerintah Jepang dan UNICEF menyerahkan mesin pendingin vaksin sebanyak total 300 unit kepada Kementerian Kesehatan Republik Indonesia pada hari Minggu (26/6/2022).

Hal ini dilakukan untuk mendukung penyimpanan dan pemberian vaksin Covid-19 di seluruh Indonesia.

Mesin-mesin pendingin tersebut akan didistribusikan ke 34 pusat penyimpanan vaksin di 7 provinsi dan 27 kota atau kabupaten untuk meningkatkan kapasitas penyimpanan.

Baca juga: 5 Cara Pengobatan Demam Berdarah (DBD), Apa Saja?

Tujuan donasi

Donasi ini merupakan bagian dari upaya Jepang untuk mendukung kampanye Indonesia memberikan vaksin Covid-19 kepada 234,6 juta penduduknya.

“Memastikan vaksinasi COVID-19 terlaksana untuk seluruh penduduk bukan tugas mudah bagi Indonesia mengingat luasnya negara kepulauan ini,” ujar Kanasugi Kenji, Duta Besar Jepang untuk Indonesia.

"Penyediaan 300 pendingin vaksin pada hari Minggu, yang dilaksanakan melalui kemitraan dengan UNICEF, adalah bagian dari Dukungan ‘Last One Mile’ Jepang untuk Indonesia yang berupaya memberikan vaksin ke setiap penjuru negeri," tambahnya.

Peralatan rantai dingin berkualitas tinggi ini akan membantu masyarakat rentan
mendapatkan vaksinasi dan berkontribusi terhadap penguatan sistem kesehatan Indonesia.

Pemerintah Jepang telah berkomitmen mendukung Indonesia dengan serangkaian peralatan rantai dingin, termasuk 50 cold room untuk penyimpanan vaksin secara aman dan alat pemantauan suhu secara jarak jauh untuk memastikan vaksin senantiasa tersimpan pada suhu yang tepat.

Selain itu, Jepang juga akan mendukung pelatihan untuk pegawai pemerintah dan tenaga kesehatan yang akan bertugas mengoperasikan dan memelihara peralatan rantai dingin.

Dukungan Jepang 

Perwakilan Sementara UNICEF Robert Gass mengatakan bahwa dukungan Jepang memungkinkan lebih banyak vaksin dapat didistribusikan dengan aman dan merata ke seluruh Indonesia.

Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.