Kompas.com - 25/07/2022, 20:00 WIB

KOMPAS.com - Beberapa macam gangguan tidur bukan hal yang sepela karena bisa menjadi faktor yang meningkatkan risiko penyakit jantung Anda.

Mengutip CDC, tidur yang baik tidak hanya penting untuk tingkat energi Anda, tetapi juga penting untuk kesehatan jantung.

Kebanyakan orang dewasa membutuhkan setidaknya 7 jam tidur setiap malam. Namun, banyak juga orang dewasa yang tidak mendapatkan cukup waktu tidur.

Baca juga: 6 Cara Menjaga Kesehatan Jantung Menurut WHO

Tidak cukup tidur selama satu atau dua hari mungkin tidak masalah, tetapi jika berlangsung lama bisa menyebabkan kondisi medis yang serius, seperti meningkatkan risiko penyakit jantung

Mengutip Everyday Health, Rami Khayat, seorang ahli paru dan ahli obat tidur di The Ohio State University Wexler Medical Center mengatakan orang yang memiliki gangguan tidur bisa diamati.

"Jika Anda bangun dengan perasaan tidak segar, mengantuk di siang hari, atau jika Anda perlu membatasi aktivitas siang hari karena kurang energi, ini bisa menjadi tanda ada sesuatu yang terjadi saat tidur," kata Dr. Khayat.

Gejala serangan jantung saat tidur, seperti nyeri dada dan muncul keringat dingin penting dikenali untuk dapat dikonsultasikan segera dengan dokter.

Beberapa gangguan tidur yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, meliputi:

  • Sleep apnea
  • Ortopnea
  • Insomnia

Baca juga: Apa Fungsi Jantung?

Gangguan tidur

1. Sleep apnea

Mengutip Everyday Health, sleep apnea terjadi pada 70 persen pasien gagal jantung, menurut Dr. Khayat.

Ada dua jenis sleep apnea, yaitu:

  • Obstructive sleep apnea (OSA)

Sleep apnea jenis yang paling umum di mana otot-otot di bagian belakang tenggorokan terlalu rileks saat tidur, sebagian atau seluruhnya yang akhirnya menghalangi jalan napas.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.