Kompas.com - 26/07/2022, 16:05 WIB

KOMPAS.com - Suka dan duka adalah hal yang wajar dalam hubungan asmara. Namun bagi penderita bipolar, kehidupan asmara bisa terasa seperti rollercoaster secara emosional.

Hubungan asmara Anda bisa terasa melelahkan dan berujung stres. Bahkan, pergeseran suasana hati yang ekstrem pada penderita bipolar dapat berujung pada berakhirnya hubungan asmara.

Ini karena, pergeseran suasana hati penderita gangguan bipolar menyebabkan perubahan perilaku yang ekstrem, karena ada dua fase, yakni manik dan depresi. 

Selama episode manik, penderita gangguan bipolar dapat memiliki energi yang tinggi hingga membuat mereka tidak bisa tidur.

Baca juga: Apakah Penyakit Bipolar Bisa Disembuhkan?

Saat mengalami episode depresi, seseorang dengan gangguan bipolar bisa tampak lelah dan sedih. Bahkan, mereka mungkin tidak ingin keluar rumah atau melakukan sesuatu.

Perubahan suasana hati yang ekstrim ini bisa membuat komunikasi dan sosialisasi menjadi hal sulit.

Meski telah dibantu dengan obat-obatan dan psikoterapi, gangguan bipolar tetap bisa menghambat hubungan asmara penderitanya.

Hubungan asmara dan gangguan bipolar

Jika Anda memiliki gangguan bipolar, Anda mungkin sudah mengetahui dampak kondisi tersebut terhadap hubungan romantis yang Anda jalani.

Anda juga mungkin merasa gugup untuk memulai hubungan baru dan menemukan waktu yang "tepat" untuk memberi tahu pasangan bahwa Anda menderita gangguan bipolar.

Baca juga: 8 Cara Mengontrol Gejala Bipolar

Kekhawatiran tersebut merupakan hal yang wajar terjadi. Namun, bukan berarti penderita bipolar tidak bisa memiliki hubungan asmara yang sehat.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.