Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/08/2022, 10:33 WIB
Ria Apriani Kusumastuti,
Resa Eka Ayu Sartika

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kulit kering merupakan kondisi yang merupakan tanda bahwa kulit kehilangan kelembapannya.

Siapa saja bisa mengalami kulit kering, tetapi kulit kering yang menyebabkan gatal, iritasi dan kulit pecah-pecah bisa membuat tidak nyaman. 

Kulit kering ini sebenarnya bisa dicegah dan diobati dengan bahan-bahan yang ada di rumah dan dengan perawatan sendiri tanpa melibatkan bantuan medis.

Namun, jika menimbulkan efek lain, maka bantuan medis diperlukan sehingga membantu dalam mengurangi efek kulit kering tersebut.

Melansir Harvard Medical School, kulit yang kering disebabkan oleh kurangnya kelembaban pada kulit.

Baca juga: Apa Penyebab Kulit Kering?

Ada banyak sekali faktor yang membuat kulit menjadi kering, seperti frekuensi mandi yang terlalu sering, penggunaan sabun yang tidak tepat, pengobatan medis, dan lain sebagainya.

Untuk menghindari kulit menjadi kering, menjaganya untuk tetap lembab sangatlah disarankan. Di bawah ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah kulit kering menurut Mayo Clinic, seperti berikut ini.

1. Menggunakan pelembap

Pelembap berfungsi untuk mengunci kelembapan yang ada pada kulit sehingga membuatnya tetap terlihat sehat.

Kandungan pelembap yang disarankan adalah pelembap yang tidak mengandung parfum atau bahan-bahan lain yang membuat kulit semakin kering.

Healthline menyarankan bahwa pelembap yang baik untuk tubuh adalah petroleum jelly atau pelembap yang mengandung lebih banyak minyak.

Menggunakan pelembap atau krim SPF sangat disarankan ketika akan keluar rumah dan mengaplikasikan ulang setiap dua jam sekali agar kulit tetap terjaga kelembapannya.

2. Mengurangi waktu mandi

Air akan menghilangkan kelembapan kulit sehingga mandi dengan waktu yang lama bisa membuat kulit semakin kering.

Usahakan untuk tidak mandi selama lebih dari 20 menit dan langsung mengeringkan badan untuk mencegah kulit semakin kering.

Tidak hanya itu saja, Healthline juga menyebutkan bahwa mandi menggunakan air hangat lebih disarankan daripada menggunakan air panas atau air dingin karena bisa mempengaruhi kelembapan alami tubuh.

Baca juga: Manfaat dan Efek Samping Mandi Air Dingin

3. Mencukur dengan benar

Mencukur juga bisa membuat kulit kering. Untuk menghindari hal ini, disarankan untuk menggunakan krim cukur dan mencukur searah dengan tumbuhnya rambut agar tidak mengiritasi kulit.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com