Kompas.com - 09/08/2022, 10:33 WIB

KOMPAS.com - Kulit kering merupakan kondisi yang merupakan tanda bahwa kulit kehilangan kelembapannya.

Siapa saja bisa mengalami kulit kering, tetapi kulit kering yang menyebabkan gatal, iritasi dan kulit pecah-pecah bisa membuat tidak nyaman. 

Kulit kering ini sebenarnya bisa dicegah dan diobati dengan bahan-bahan yang ada di rumah dan dengan perawatan sendiri tanpa melibatkan bantuan medis.

Namun, jika menimbulkan efek lain, maka bantuan medis diperlukan sehingga membantu dalam mengurangi efek kulit kering tersebut.

Melansir Harvard Medical School, kulit yang kering disebabkan oleh kurangnya kelembaban pada kulit.

Baca juga: Apa Penyebab Kulit Kering?

Ada banyak sekali faktor yang membuat kulit menjadi kering, seperti frekuensi mandi yang terlalu sering, penggunaan sabun yang tidak tepat, pengobatan medis, dan lain sebagainya.

Untuk menghindari kulit menjadi kering, menjaganya untuk tetap lembab sangatlah disarankan. Di bawah ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah kulit kering menurut Mayo Clinic, seperti berikut ini.

1. Menggunakan pelembap

Pelembap berfungsi untuk mengunci kelembapan yang ada pada kulit sehingga membuatnya tetap terlihat sehat.

Kandungan pelembap yang disarankan adalah pelembap yang tidak mengandung parfum atau bahan-bahan lain yang membuat kulit semakin kering.

Healthline menyarankan bahwa pelembap yang baik untuk tubuh adalah petroleum jelly atau pelembap yang mengandung lebih banyak minyak.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.