Kompas.com - 06/08/2022, 09:00 WIB

KOMPAS.com - Pada 2 minggu awal setelah melahirkan, ibu hamil biasanya fokus menyembuhkan luka persalinan serta memulihkan diri.

Enam minggu pertama setelah melahirkan dikenal sebagai periode postpartum. Pada periode ini, seorang ibu dan bayinya membutuhkan perawatan untuk memulihkan diri serta meningkatkan kesehatan.

Selama periode postpartum, kebanyakan wanita akan mengalami sejumlah perubahan. Hal itu dimulai dari proses penyembuhan dari luka saat melahirkan, hingga perubahan suasana hati akibat hormon.

Baca juga: Postpartum Depression

Belum lagi, para ibu harus adaptasi dengan perubahan waktu tidur serta memberdayakan diri agar dapat memberi ASI eksklusif untuk sang buah hati.

Dilansir dari Healthline, periode postpartum tiap orang berbeda-beda. Hal tersebut ditentukan dari sederet faktor seperti:

  1. sudah melahirkan berapa kali?
  2. berapa lama waktu mengejan?
  3. melakukan persalinan pervaginam (langsung) atau dengan metode operasi caesar?

Periode postpartum pun setiap minggunya berbeda-beda. Kali ini, kita akan membahas mengenai periode postpartum pada 2 minggu pertama setelah persalinan.

 

Minggu 1

Jika melakukan persalinan pervaginam di rumah sakit, kemungkinan besar Anda akan dirawat selama 1-3 hari setelah bayi lahir.

Jumlah waktu perawatan tergantung pada kondisi perineum setelah melahirkan.

Sebagaimana diketahui, perineum merupakan otot, kulit, dan jaringan yang ada diantara kelamin dengan anus. Sering kali, persalinan mengakibatkan perineum robek.

Baca juga: Beda Postpartum Depression dan Baby Blues, Serupa Tapi Tak Sama

Selama masa postpartum, rasa nyeri di area perineum adalah kondisi normal, seperti halnya pendarahan. Perineum yang robek dan dijahit akan kembali normal seiring waktu.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.