Kompas.com - 28/07/2022, 06:00 WIB

KOMPAS.com - Bekerja ketika hari sangat panas membuat suhu badan naik sehingga perlu cara-cara tertentu agar bisa mendinginkan suhu badan. Cara terbaik yang bisa dilakukan ketika hal ini terjadi adalah dengan mandi air dingin

Ternyata air dingin tidak hanya mendinginkan suhu badan, namun juga memiliki beberapa manfaat yang membuat badan terasa lebih segar dan sehat.

Sebaliknya, ada beberapa kondisi tertentu yang membuat mandi air dingin tidak disarankan karena akan berbahaya bagi tubuh.

Manfaat mandi air dingin

Ternyata mandi air dingin sudah digunakan sebagai salah satu metode terapi air yang digunakan sejak jaman dulu.

Meskipun dulu masih belum banyak riset mengenai manfaat dari mandi air dingin, namun banyak yang sudah percaya bahwa mandi air dingin memberikan banyak manfaat bagi tubuh.

Sekarang semakin banyak riset yang meneliti tentang manfaat air dingin dan ditemukan bahwa manfaatnya cukup banyak.

Baca juga: 6 Manfaat Mandi dengan Air Dingin yang Jarang Diketahui

1. Meningkatkan metabolisme 

Mandi dengan air dingin terbukti bisa meningkatkan metabolisme dalam tubuh. Hal ini dibuktikan dengan adanya beberapa penelitian klinis yang dilakukan oleh para ahli dari India.

Dari penelitian ini ditemukan bahwa mandi menggunakan air dingin selama 5 hingga 6 hari seminggu bisa meningkatkan imunitas, bahkan dari tumor dan memperpanjang angka hidup penderita kanker nonlimfoid.

Tidak hanya itu saja, meningkatnya metabolisme dalam tubuh juga berperan dalam melawan obesitas jika dibarengi dengan perubahan gaya hidup.

Melansir Healthline, kaitan antara mandi air dingin dengan penurunan berat badan memang belum bisa dibuktikan secara medis. Namun, mandi dengan air dingin bisa menyeimbangkan hormon dan sistem pencernaan sehingga bisa berkontribusi dalam mengurangi berat badan.

Baca juga: 4 Manfaat yang Bisa Didapatkan Jika Mandi Pagi dengan Air Dingin

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.