Kompas.com - 12/08/2022, 10:33 WIB

KOMPAS.com - Hari Kucing Internasional atau International Cat Day diperingati pada tanggal 8 Agustus setiap tahunnya. Tetapi, untuk pemilik kucing, setiap hari adalah Hari Kucing Internasional.

Meskipun kucing tidak memiliki tingkah yang cukup menyebalkan bagi sebagian orang, namun ternyata kucing juga bisa memberikan kebahagiaan bagi pemiliknya.

Bahkan, kucing disebut-sebut bisa berkontribusi pada kesehatan mental sang pemiliknya.

Lalu, apa manfaat pelihara kucing untuk kesehatan mental?

Baca juga: Media Sosial Pengaruhi Kesehatan Mental, Apa Efeknya?

1. Level stres berkurang

Kegiatan sehari-hari terkadang memberikan tekanan sendiri sehingga level stres yang dirasakan akan semakin meningkat.

Menurut studi yang dilakukan oleh peneliti dari Amerika yang dimuat pada Jurnal Psychosomatic Medicine di tahun 2002, level stres yang dirasakan oleh seseorang yang memiliki hewan peliharaan, khususnya kucing, akan berkurang ketika beristirahat dengan hewan tersebut.

Penelitian ini melibatkan 240 pasangan yang sudah menikah dan setengahnya memiliki hewan peliharaan.

Menurut data yang diambil menggunakan reaktivitas kardiovaskular, pemilik hewan peliharaan tidak menunjukkan kenaikan detak jantung dan tekanan darah, serta menunjukkan pemulihan yang cepat dari stres.

Meskipun kucing tidak melakukan hal-hal tertentu untuk menurunkan tingkat stres sang pemilik, namun keberadaannya membuat pemilik merasa bergantung pada kucing.

Hal ini dibuktikan dengan penelitian yang dilakukan oleh ahli dari University of Zurich pada Jurnal Anthrozoös di tahun 1999.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.