Kompas.com - 12/08/2022, 16:31 WIB

KOMPAS.com - Batuk tak kunjung sembuh sampai beberapa minggu atau bulan adalah salah satu masalah kesehatan yang sangat menjengkelkan.

Terutama jika sering batuk muncul di malam hari atau menjelang tidur. Praktis waktu istirahat jadi turut terganggu dan penderita kelelahan di siang hari.

Perlu diketahui, gangguan kesehatan ini tak kunjung berakhir bisa jadi karena akar penyebab batuk tak kunjung sembuh belum diatasi. Jadi, gejala penyakit hanya hilang sebentar, lalu tak lama kemudian kambuh kembali.

Untuk itu, cara mengobati batuk tak kunjung sembuh perlu disesuaikan akar penyebab mendasarnya. Simak penjelasan berikut.

Baca juga: 8 Penyebab Batuk Tak Kunjung Sembuh, Bisa Infeksi sampai Asam Lambung

Cara mengobati batuk tak kunjung sembuh

Ada beberapa cara mengobati batuk tak kunjung sembuh secara alami, obat, maupun dengan terapi. Dilansir dari beberapa sumber, berikut di antaranya:

  • Banyak minum

Upayakan untuk minum banyak air, setidaknya delapan gelas per hari. Cairan dapat membantu mengencerkan dahak dan menenangkan tenggorokan. Coba minum banyak air putih, jus tanpa gula, kuah yang mengandung kaldu, atau minuman hangat seperti wedang jahe.

  • Kumur dengan larutan garam

Untuk menghilangkan dahak di tenggorokan yang bisa memicu batuk, coba kumur dengan larutan garam. Caranya cukup mudah. Siapkan segelas air hangat yang diberi satu sendok teh garam. Aduk sampai rata lalu gunakan untuk berkumur.

  • Gunakan masker

Saat berada di luar rumah atau berada di lingkungan yang banyak debu, asap, dan polutan, sebisa mungkin gunakan masker. Beberapa zat di atas bisa memicu batuk bagi sebagian orang.

Baca juga: Kenali Apa itu Batuk Bronkitis, Jenis, dan Gejalanya

  • Pakai bantal yang tinggi saat tidur

Saat tidur atau rebahan, gunakan bantal yang lebih tinggi untuk mencegah sering batuk di malam hari. Agar tidak sakit leher, gunakan bantal tinggi untuk menopang kepala dan sebagian tubuh bagian atas.

  • Isap permen pelega tenggorokan

Beberapa permen pelega tenggorokan yang mengandung menthol juga dapat membantu meredakan batuk kering dan tenggorokan yang teriritasi.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.