Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/08/2022, 17:35 WIB
Elizabeth Ayudya Ratna Rininta,
Resa Eka Ayu Sartika

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tahukah Anda bahwa ada beberapa makanan yang bisa digunakan sebagai cara alami mengatasi penyakit diabetes?

Diabetes adalah kondisi ketika tubuh tidak dapat memproses glukosa dalam darah.

Diabetes seringkali muncul tanpa gejala. Namun demikian ada beberapa gejala yang harus diwaspadai sebagai tanda-tanda penyakit diabetes.

Baca juga: Awas, Tidur Siang Terlalu Lama Bisa Tingkatkan Risiko Diabetes

Gejala tipikal yang sering dirasakan penderita diabetes antara lain poliuria (sering buang air kecil), polidipsia (sering haus), dan polifagia (banyak makan/ mudah lapar).

Selain itu sering pula muncul keluhan penglihatan kabur, koordinasi gerak anggota tubuh terganggu, kesemutan pada tangan atau kaki, timbul gatal-gatal.

Pasien diabetes biasanya diberi obat hingga suntikan insulin demi mengontrol gula darah mereka. Selain itu, pasien juga diminta menghindari makan tertentu seperti semangka atau konsumsi nasi berlebihan.

Kendati demikian, ada beberapa makanan yang ternyata aman dikonsumsi penderita diabetes. Beberapa makanan bahkan bermanfaat dalam mengatasi gangguan kesehatan akibat diabetes.

1. Lidah buaya

Lidah buaya atau Aloe vera sering kita jumpai di lingkungan sekitar rumah. Tanaman ini ada yang dirawat maupun tumbuh liar.

Gel yang terkandung pada lidah buaya, baik yang alami maupun sudah berupa produk kemasan sering dijadikan sebagai pengobatan tradisional.

Konsumsi ekstrak lidah buaya dapat membantu menurunkan kadar gula darah sehingga dapat mencegah penyakit diabetes.

Pada penderita diabetes, Aloe vera juga bisa mengurangi risiko komplikasi.

Baca juga: Apakah Penderita Diabetes Boleh Makan Pepaya?

Meski demikian, penggunaannya harus berhati-hati dan tetap berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Pasalnya, gel lidah buaya jika dikonsumsi bersamaan dengan obat diabetes, bisa mengakibatkan glukosa darah anjlok atau hipoglikemia.

Hipoglikemia bisa membahayakan kesehatan penderita diabetes. Kondisi ini biasanya muncul dengan gejala berupa kebingungan, jantung berdebar-debar, gemetaran, dan kecemasan.

2. Telur

Seperti diketahui, telur merupakan bahan pangan yang mudah diolah dan memiliki rasa enak. Tak heran, banyak orang gemar mengonsumsi telur.

Halaman Berikutnya
Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com