Kompas.com - 18/08/2022, 17:35 WIB

KOMPAS.com - Tahukah Anda bahwa ada beberapa makanan yang bisa digunakan sebagai cara alami mengatasi penyakit diabetes?

Diabetes adalah kondisi ketika tubuh tidak dapat memproses glukosa dalam darah.

Diabetes seringkali muncul tanpa gejala. Namun demikian ada beberapa gejala yang harus diwaspadai sebagai tanda-tanda penyakit diabetes.

Baca juga: Awas, Tidur Siang Terlalu Lama Bisa Tingkatkan Risiko Diabetes

Gejala tipikal yang sering dirasakan penderita diabetes antara lain poliuria (sering buang air kecil), polidipsia (sering haus), dan polifagia (banyak makan/ mudah lapar).

Selain itu sering pula muncul keluhan penglihatan kabur, koordinasi gerak anggota tubuh terganggu, kesemutan pada tangan atau kaki, timbul gatal-gatal.

Pasien diabetes biasanya diberi obat hingga suntikan insulin demi mengontrol gula darah mereka. Selain itu, pasien juga diminta menghindari makan tertentu seperti semangka atau konsumsi nasi berlebihan.

Kendati demikian, ada beberapa makanan yang ternyata aman dikonsumsi penderita diabetes. Beberapa makanan bahkan bermanfaat dalam mengatasi gangguan kesehatan akibat diabetes.

1. Lidah buaya

Lidah buaya atau Aloe vera sering kita jumpai di lingkungan sekitar rumah. Tanaman ini ada yang dirawat maupun tumbuh liar.

Gel yang terkandung pada lidah buaya, baik yang alami maupun sudah berupa produk kemasan sering dijadikan sebagai pengobatan tradisional.

Konsumsi ekstrak lidah buaya dapat membantu menurunkan kadar gula darah sehingga dapat mencegah penyakit diabetes.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.