Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Macam-macam Penyakit Autoimun Kulit yang Perlu Diwaspadai

Kompas.com - 01/09/2022, 16:30 WIB
Shintaloka Pradita Sicca

Penulis

KOMPAS.com - Ada banyak jenis penyakit autoimun yang menyerang sel-sel kulit yang sehat.

Mengutip Verywell Health, penyakit kulit autoimun terjadi karena sistem kekebalan tubuh menyerang jaringan sehatnya sendiri.

  • Normalnya sistem imun menghasilkan antibodi yang menyerang bakteri, virus, jamur, maupun racun.
  • Namun pada penderita penyakit ini, sistem imun menghasilkan autoantibodi, yang menyerang jaringan sehat tubuh sendiri.

Penyakit autoimun kulit ini biasanya menyerang di dua lapisan terluar.

Lapisan kulit paling luar adalah epidermin, kemudian di bawahnya adalah dermin yang mengandung sel vital, jaringan, dan struktur.

Berikut penjelasan singkat berbagai jenis penyakit autoimun kulit yang bisa menyerang kita:

Andre Irwanto Psoriasis merupakan penyakit autoimun yang menyerang kulit penderitanya. Salah satu gejala dari psoriasis adalah munculnya perubahan pada area kulit seperti bersisik, pecah-pecah, hingga berdarah. Psoriasis tak hanya merenggut kulit cantik miliki Chiara dan Thalia, akan tetapi juga sempat merenggut kepercayaan diri mereka. Meskipun begitu, psoriasis tak mampu merenggut semangat kedua wanita muda ini untuk tetap terus menjalani hidupnya. Lalu, bagaimana cara mereka melewati hidup bersama psoriasis? Dan, stigma apa saja yang harus mereka hadapi sebagai penyintas psoriasis? Simak selengkapnya perjuangan Chiara Lionel dan Thalia dalam menjalani kehidupan sebagai penyintas psoriasis di Indonesia, dalam program NARA Eps.2 di dalam video berikut ini! 0:00 Opening 0:39 Profil Chiara Lionel Salim 0:46 Awal Mula Terkena Psoriasis 1:36 Pengobatan yang Pernah Dijalani untuk Mengatasi Psoriasis 2:35 Hal Tersulit yang Pernah Dilalui Sebagai Penyintas Psoriasis 4:45 Perbedaan Alergi dan Psoriasis 6:06 Pemicu Psoriasis Kambuh 6:52 Hal Terberat Menjadi Penyintas Psoriasis 8:00 Titik Balik Bangkit sebagai Penyintas Psoriasis 9:29 Awal Mula Berdirinya Komunitas @psoriasis_id 11:15 Pesan untuk Para Penyitas Psoriasis 12:26 Profil Thalia 12:41 Awal Mula Terkena Psoriasis 14:15 Pengobatan yang Pernah Dilakukan untuk Mengatasi Psoriasis 14:58 Pemicu Psoriasis Kambuh 15:44 Kondisi Kulit Thalia saat ini 16:19 Hal Tersulit yang Harus Dilalui sebagai Penyitas Psoriasis 16:45 Stigma Masyarakat Terhadap Psoriasis 17:40 Perubahan Setelah Bergabung dengan Komunitas Psoriasis 18:39 Alasan Dibalik Pilihan Thalia Menjadi Seorang Dokter 19:18 Pesan untuk Masyarakat Indonesia yang Masih Belum Paham Mengenai Psoriasis 20:13 Pengobatan yang Sudah Dijalani untuk Mengatasi Psoriasis 21:59 Pesan Bagi Sesama Penyitas Psoriasis 22:35 Profil dr. Indah Widyasari, Sp.KK 22:43 Apa itu Psoriasis 22:59 Jenis Psoriasis 24:27 Pesan dr.Indah pada Masyarakat Mengenai Psoriasis 25:33 Faktor yang Menyebabkan Psoriasis Menjadi Kambuh 28:35 Terapi pada Psoriasis 29:00 Closing Produser: Lusia Kus Anna Video Editor: Andre Irwanto Videographer: Antonius Aditya Mahendra & Lukita Suharlim Kreatif: Niken Monica Desiyanti #nara #health #kesehatan #psoriasis #masalahkulit #penyintaspsoriasis #berjuangmelawanpsoriasis #autoimun #peradangankulit #pengobatanpsoriasis #gejalapsoriasis #kulitruam #kulitbersisik #remisipsoriasis #faktorrisikopsoriasis #perjuanganpsoriasis #pengobatanpsoriasis #stigma #stigmapsoriasis #penyakitautoimun #autoimun #psoriasis_id #chiaralionelsalim #thalia #drIndahWidyasari #dokterspesialiskulitkelamin #ZapClinic #kompashealth #akuratterpercaya #jernihmelihatdunia #jernihkanharapan

Baca juga: Panduan Makan untuk Penderita Penyakit Autoimun yang Perlu Diketahui

1. Psoriasis

Mengutip Verywell Health, psoriasis adalah gangguan autoimun kronis yang menyebabkan sistem kekebalan tubuh Anda menjadi terlalu aktif dan mempercepat pertumbuhan sel kulit.

Penyakit autoimun kulit ini yang menyebabkan terbentuknya penumpukan sel kulit di lapisan bercak merah yang ditutupi sisik putih tebal (kulit mati), yang biasanya berada di area:

  • Siku
  • Lutut
  • Punggung bawah
  • Kulit kepala

Mengutip GoodRx Health, poriasis tidak hanya mempengaruhi kulit. Penderita penyakit autoimun ini juga dapat memiliki kondisi lain, seperti:

  • Artritis psoriatik: yang menyebabkan nyeri dan sendi bengkak
  • Penyakit jantung
  • Diabetes
  • Depresi

Psoriasis biasanya merupakan kondisi seumur hidup, dan pengobatan tergantung pada seberapa parah gejalanya.

Baca juga: 7 Kebiasaan Sederhana untuk Meningkatkan Sistem Imun

2. Skleroderma

Mengutip GoodRx Health, skleroderma adalah penyakit autoimun yang menyebabkan tubuh Anda membuat terlalu banyak kolagen, protein yang ditemukan di kulit dan jaringan lain.

Siapa pun bisa terkena skleroderma, tetapi biasanya menyerang orang berusia antara 30-50 tahun. Ada dua jenis utama skleroderma:

  • Skleroderma lokal (morfea): mempengaruhi kulit dan jaringan di bawahnya.
  • Skleroderma sistemik (sklerosis sistemik): mempengaruhi kulit dan organ lain, seperti jantung, paru-paru, ginjal, dan pembuluh darah. Ini adalah tipe yang lebih serius.

Kedua jenis skleroderma ini memiliki gejala yang sama, seperti bercak kulit yang mengeras, tebal, dan terasa kencang saat disentuh.

Bercak biasanya berwarna lebih gelap dari kulit normal. Bentuknya bulat dan lonjong atau membentuk garis di area:

  • Lengan
  • Kaki
  • Dahi

Belum ada obat yang bisa menyembuhkan penyakit autoimun kulit, tetapi perawatan dapat membantu mengelola gejala yang berbeda.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com