Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Fungsi Kalsium, Tak Hanya untuk Menjaga Kesehatan Tulang

Kompas.com - 31/08/2022, 16:31 WIB
Mahardini Nur Afifah

Penulis

KOMPAS.com - Fungsi kalsium selama ini dikenal penting untuk menjaga kesehatan tulang.

Tapi, tahukah Anda, manfaat kalsium ternyata juga penting untuk menunjang kinerja otot, jantung, sampai pembuluh darah?

Sebelum mengenali beberapa fungsinya untuk tubuh, kenali dulu apa itu kalsium.

Baca juga: 10 Makanan Kaya Kalsium, Tak Hanya Susu

Apa itu kalsium?

Kalsium adalah salah satu jenis mineral penting untuk tubuh. Dilansir dari Harvard T.H. Chan School of Public Health, sekitar 99 persen kalsium disimpan dalam tulang. Sisanya disimpan dalam darah, otot, dan jaringan tubuh lainnya.

Tubuh setiap saat bekerja untuk menjaga kadar kalsium agar tetap stabil. Jika ada tanda-tanda kekurangan kalsium, hormon paratiroid adalah memberikan kode pada tulang untuk melepaskan kalsium ke aliran darah.

Hormon ini juga mengaktifkan vitamin D agar segera meningkatkan penyerapan kalsium di usus. Selain itu, ginjal juga diberi sinyal untuk melepaskan kalsium lebih sedikit dari urine.

Saat kandungan kalsium dalam darah tinggi, giliran hormon kalsitonin yang bertugas menurunkan kadar kalsium dalam darah.

Hormon ini menghentikan pelepasan kalsium dari tulang dan menyuruh ginjal membuang lebih banyak kalsium dalam urine.

Tubuh kita mendapatkan kalsium lewat mengonsumsi makanan mengandung kalsium, makan suplemen yang mengandung kalsium, atau mengambil cadangan mineral yang tersimpan dalam tubuh ini.

Baca juga: Waspada, 6 Tanda Tubuh Kekurangan Kalsium

Fungsi kalsium

Terdapat beberapa manfaat kalsium untuk tubuh yang penting Anda ketahui, antara lain:

  • Menjaga kesehatan tulang

Dilansir dari WebMD, kalsium sangat penting untuk menunjang perkembangan dan pertumbuhan tulang. Mineral ini juga menjaga kesehatan tulang dengan cara memperlambat proses hilangnya kepadatan tulang seiring penuaan.

  • Mengatur kontraksi otot

Ketika saraf merangsang otot, tubuh secara alami bakal melepaskan kalsium. Mineral ini membantu protein dalam otot untuk dapat berkontraksi atau menegang. Sebaliknya, saat tubuh mengeluarkan kalsium ke luar otot, otot bakal mengendur.

Baca juga: 13 Manfaat Vitamin sesuai Jenisnya

  • Menunjang kinerja jantung dan pembuluh darah

Manfaat kalsium juga penting untuk menunjang kinerja jantung dan pembuluh darah atau sistem kardiovaskular. Proses pembekuan darah melibatkan kalsium. Fungsi kalsium juga penting untuk menjaga performa otot jantung.

  • Mengontrol tekanan darah

Beberapa hasil tinjauan literatur menunjukkan, mineral ini berguna untuk melemaskan otot polos yang mengelilingi pembuluh darah. Dengan begitu, tekanan darah tetap stabil.

  • Membantu mencegah kanker usus

Penelitian epidemiologis menunjukkan, kalsium dapat membantu menurunkan risiko kanker usus atau kolorektal. Mineral ini dapat mengikat zat beracun di usus besar dan mencegah pertumbuhan tumor ganas.

Mengingat fungsi kalsium cukup penting untuk kesehatan, pastikan Anda mencukupi zat gizi mineral ini setiap hari. Jangan lupa mengonsumsi makanan mengandung kalsium seperti susu, brokoli, kangkung, selada, sawi, kacang-kacangan, biji-bijian, jagung, tahu, sampai tempe setiap hari.

Baca juga: 10 Manfaat Vitamin D bagi Tubuh

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com