Kompas.com - 14/11/2021, 06:01 WIB

KOMPAS.com - Diabetes pada anak adalah penyakit kronis yang rawan mengganggu tumbuh kembang buah hati.

Jenis diabetes yang kerap menyerang anak-anak adalah diabetes mellitus tipe 1 dan tipe 2.

Diabetes tipe 1 terjadi ketika jumlah kadar insulin dalam darah rendah. Sedangkan diabetes tipe 2 terjadi ketika tubuh resisten insulin, meskipun kadar insulin dalam darah normal.

Untuk meningkatkan kewaspadaan pada masalah kesehatan ini, kenali penyebab diabetes pada anak dan cara mencegahnya.

Baca juga: 5 Gejala Diabetes pada Anak, Tak Hanya Diderita Orang Tua

Penyebab diabetes pada anak

Diabetes adalah kondisi ketika kadar glukosa dalam darah terlalu tinggi. Penyebab anak terkena diabetes bisa tergantung jenis penyakitnya.

Melansir laman resmi Ikatan Dokter Anak Indonesia, penyebab diabetes mellitus tipe 1 pada anak umumnya karena faktor genetik dan penyakit autoimun.

Jika anak-anak sudah punya kecenderungan genetik untuk terkena diabetes dan gaya hidupnya tidak sehat atau terkena infeksi virus, risiko anak terkena masalah kesehatan meningkat.

Sedangkan penyebab diabetes mellitus tipe 2 pada anak biasanya berasal dari kegemukan atau kelebihan berat badan.

Kegemukan ini sangat terkait dengan gaya hidup tidak sehat, seperti kebiasaan kurang gerak, terlalu banyak mengonsumsi gula, lemak, makanan cepat saji dan berpengawet.

Baca juga: 7 Gejala Usus Buntu pada Anak yang Pantang Disepelekan

Cara mencegah diabetes pada anak

Melansir Kid’sHealth, penyakit diabetes tipe 1 pada anak umumnya tidak dapat dicegah, karena sangat terkait faktor genetik.

Jenis penyakit diabetes pada anak yang bisa dicegah adalah diabetes mellitus tipe 2.

Ada beberapa cara mencegah diabetes tipe 2 pada anak, antara lain:

  • Jaga pola makan sehat dan seimbang setiap hari. Biasakan anak makan makanan yang mengandung lemak sehat, mengonsumsi karbohidrat tinggi serat, serta makan buah dan sayur di setiap sesi makan
  • Batasi makanan dan minuman manis, seperti susu dengan pemanis, soda, jus, es teh, es krim, aneka kue, biskuit, dll.
  • Dorong anak banyak bergerak. Batasi aktivitas di depan layar, seperti bermain telepon pintar, menonton TV, atau main games
  • Jika anak kelebihan berat badan dan berisiko terkena diabetes tipe 2, konsultasikan ke dokter spesialis anak dan ahli gizi

Dengan menjalankan beberapa cara mencegah diabetes pada anak serta mengenali penyebabnya, para orangtua bisa meminimalkan risiko buah hatinya terkena masalah kesehatan ini.

Baca juga: Rotavirus Penyebab Diare pada Anak, Kenali Gejala sampai Pencegahannya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.