Kompas.com - 14/09/2022, 15:00 WIB

KOMPAS.com - Apakah Anda pernah memiliki kutu di rambut atau ketombe? Rasanya tak nyaman bukan?

Kutu dan ketombe merupakan kondisi umum yang membuat kulit kepala terasa tak nyaman karena gatal.

Kutu dan ketombe memang memiliki beberapa kesamaan. Namun, keduanya memiliki penyebab berbeda. Oleh karena itu, dibutuhkan pula treatment yang berbeda.

Baca juga: 6 Obat Alami untuk Membasmi Kutu Rambut

1. Kutu rambut

Kutu rambut menyebabkan gatal yang tak tertahankan Kutu rambut menyebabkan gatal yang tak tertahankan

Kutu rambut mengisap darah manusia dan berada di sekitar kulit kepala. Air liur kutu mengiritasi kulit kepala dan menyebabkan gatal.

Perlu diketahui, kutu rambut merupakan parasit menular yang ada dalam 3 bentuk:

Telur atau disebut nits: berbentuk seperti bintik putih kecil. Biasanya menempel di pangkal rambut, terlihat seperti ketombe dengan bentul oval. Telur-telur kutu dapat menetas dalam 6-9 hari.

  • Nimfa: telur yang telah menetas disebut nimfa yang berwujud seperti kutu dewasa, namun jauh lebih kecil, sekitar 1,5 mml. Nimfa dapat menjadi kutu dewasa 7 hari setelah menetas.
  • Kutu dewasa: Kutu dewasa berwarna cokelat atau abu-abu pucat. Kutu dapat berkembang biak dengan cepat dan bertelur hingga 10 butir per hari. Hanya membutuhkan waktu sekitar 12 sampai 14 hari untuk telur yang baru menetas untuk mencapai usia dewasa.
  • Kutu rambut dapat merangkak dan menyebar ke orang lain melalui kontak dekat, seperti: pakaian, seprai, handuk, sisir, topi, hingga aksesoris rambut.

Cara mengobati kutu rambut

Hal pertama yang harus dilakukan adalah memeriksa rambut seluruh anggota keluarga, terutama jika berbagi tempat tidur yang sama. Setelah itu, Anda dapat mencoba beberapa perawatn berikut untuk mengatasi kutu rambut.

Sampo kutu

Perawatan kutu yang paling umum ialah dengan sampo kutu yang diresepkan oleh dokter. Sampo ini biasanya mengandung permethrin dan pyrethrin yang mampu membunuh kutu dan nits (telur).

Anda biasanya disarankan untuk keramas dengan sampo kutu hingga 10 hari setelahnya demi memastikan semua kutu sudah mati.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.