Kompas.com - 26/09/2022, 16:32 WIB

KOMPAS.com - Banyak orang senang mengonsumsi makanan manis, mulai dari kue hingga minuman manis seperti es teh. Tapi, seperti yang banyak orang ketahui, konsumsi gula kerap dikaitkan sebagai pemicu berbagai masalah kesehatan seperti diabetes, obesitas, hingga masalah kesehatan gigi.

Tidak hanya pada orang tua, konsumsi gula berlebihan pada anak-anak juga dapat berimbas dengan munculnya berbagai masalah kesehatan.

Baca juga: 5 Manfaat Kurangi Konsumsi Gula, Cegah Penuaan hingga Penyakit Jantung

Namun, anak-anak dan makanan manis seperti dua hal yang sulit dipisahkan. Permen, coklat, dan berbagai camilan manis sering kali jadi favorit anak. Salah satunya, yang kerap tak disadari, gula tambahan yang berasal dari minuman kemasan berpemanis buatan.

Batas konsumsi gula per hari bagi anak-anak

Kebanyakan anak-anak sangat menyukai makanan dengan rasa manis. Menurut Julie Mennella, penelti dari Monell Chemical Senses Center di Philadephia, AS hal ini terbukti ilmiah.

"Dalam masa pertumbuhan, anak-anak tertarik pada makanan yang membei banyak kalori. Di masa lalu, anak-anak menyukai makanan manis seperti buah kurma atau madu. Sedangkan saat ini, gula dapat ditemukan di segala tempat," kata Mennella dikutip dari NBC News.

Keinginan untuk mengonsumsi makanan manis ini terjadi karena secara biologis, anak-anak menyukai rasa yang dominan dirasakan dalam air susu ibu (ASI). Selain itu, mereka juga membutuhkan banyak kalori untuk masa pertumbuhan.

Lalu, berapa banyak batas konsumsi gula harian yang aman dan tidak berlebihan untuk anak?

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan batasan asupan gula yang aman adalah 10 persen dari total kebutuhan kalori. Lebih baik lagi, jika membatasi asupan gula hingga 5 persen atau sekitar 25 gram (sekitar 6 sendok teh) per hari.

Sedangkan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia menyarankan batas asupan gula per hari sekitar 50 gram atau 4 sendok makan untuk orang dewasa sehat.

Asosiasi Ahli Jantung Amerika Serikat (AHA)menyebut batas maksimal konsumsi gula untuk anak usia 2 hingga 18 tahun kurang dari 24 gram per hari.

Baca juga: 4 Bahaya Terlalu Banyak Gula untuk Kesehatan

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.