Kompas.com - 06/10/2022, 09:01 WIB

KOMPAS.com - Penyebab perut kiri bawah sakit bisa berkaitan dengan gangguan pencernaan, saluran kencing, sampai organ reproduksi.

Rasa sakit perut di sebelah kiri bawah ini bisa berupa nyeri tajam, nyeri seperti ditekan, atau nyeri tak tertahankan yang intens.

Simak penjelasan beberapa alasan kenapa perut kiri bawah terasa nyeri berikut ini.

Baca juga: Kenapa Perut Sebelah Kiri Sakit? Kenali 7 Penyebabnya…

Penyebab perut kiri bawah sakit

Penyebab sakit perut sebelah kiri bawah bisa berasal dari masalah kesehatan ringan sampai berat. Disarikan dari Healthline dan MedicalNewsToday, berikut beberapa di antaranya:

  • Perut kembung

Perut kembung bisa menyebabkan begah, sering bersendawa, sampai sakit perut, termasuk perut kiri bawah. Kondisi ini biasanya terjadi saat seseorang mengonsumsi makanan pemicu kembung seperti kol atau soda, merokok, mengunyah permen karet, atau makan berlebihan.

  • Sembelit

Susah BAB atau sembelit juga bisa menyebabkan sakit perut, termasuk di bagian kiri bawah. Kondisi ini rentan menyerang orang yang kekurangan serat, jarang olahraga, dan kekurangan cairan.

  • Divertikulitis

Divertikulitis adalah penyakit peradangan pada kantong kecil di dinding usus atau divertikula. Penyakit ini bisa menyebabkan sakit perut bagian kiri bawah, sembelit atau diare, demam, mual atau muntah, dan terkadang BAB berdarah.

Baca juga: 15 Penyebab Sakit Perut Sebelah Kanan Bawah, Tak Selalu Usus Buntu

  • Batu ginjal

Penyakit batu ginjal bisa menyebabkan penderita merasakan sakit perut di sebelah kiri, kencing terasa sakit, mual, muntah, badan demam dan menggigil kedinginan, serta rasa nyeri dari perut menjalar ke pinggang sebelah kiri. 

  • Penyakit celiac

Penyakit celiac terjadi karena gangguan pencernaan gluten. Akibatnya, penderita yang mengonsumsi makanan bergluten bisa mengalami sakit perut, kembung, diare, lemas, atau berat badannya turun tanpa sebab jelas.

  • Intoleransi laktosa

Intolentasi laktosa terjadi ketika tubuh tidak dapat mencerna laktosa. Penderita intoleransi laktosa bisa mengalami sakit perut kiri bawah, diare, kembung, dan mual-mual ketika mengonsumsi asupan mengandung laktosa seperti susu, keju, yogurt, atau produk susu lainnya.

Baca juga: 7 Penyebab Sakit Perut Kanan Atas, Bisa Gangguan Ginjal sampai Hati

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
PENYAKIT
Flu Perut
Flu Perut
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.