Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Menu Sarapan Terbaik untuk Penderita Diabetes

Kompas.com - 11/12/2022, 07:34 WIB
Ariska Puspita Anggraini

Penulis

KOMPAS.com - Sarapan adalah makanan terpenting bagi penderita diabetes. Melewatkan sarapan bisa membuat gula darah menjadi tidak stabil.

Oleh karena itu, penderita diabetes disarankan untuk mengonsumsi makanan bergizi agar gejala bisa terkelola dengan baik.

Selain itu, penelitian telah menemukan bahwa sarapan mengurangi keinginan dan rasa lapar serta mengurangi kebutuhan akan insulin.

Meskipun tidak ada makanan tunggal yang dapat mengobati diabetes, makan dengan benar adalah kunci untuk tetap sehat.

Baca juga: Benarkah Kehujanan Bisa Membuat Kita Sakit?

Pentingnya sarapan untuk penderita diabetes

Sarapan sangat penting dalam mengelola diabetes. Penelitian juga menunjukkan bahwa penderita diabetes yang sarapan pagi cenderung tidak makan berlebihan sepanjang hari.

Sarapan merupakan bagian integral dari manajemen diabetes karena dapat membantu mengatur kadar gula darah.

Misalnya, sarapan membantu mencegah lonjakan kadar gula darah setelah puasa semalaman, yang dapat menyebabkan kadar gula darah tinggi sepanjang hari.

Namun, manfaat tersebut bisa didapatkan jika penderita diabetes memilih sarapan dengan menu bergizi yang mengandung karbohidrat kompleks dan protein dapat membantu mengendalikan rasa lapar dan keinginan makan berlebihan.

Makan pagi juga dapat membantu mengurangi risiko berkembangnya resistensi insulin, suatu kondisi di mana tubuh tidak merespons insulin dengan baik.

Selain itu, sarapan dapat membantu meningkatkan tingkat energi, yang dapat membantu aktivitas fisik dan aktivitas sehari-hari lainnya.

Orang dengan diabetes tipe 2 yang berusaha mempertahankan berat badan yang sehat juga harus menyadari kandungan lemak dan gula dari apa yang mereka makan.

Diabetes meningkatkan risiko tekanan darah tinggi dan penyakit kardiovaskular, sehingga individu harus membatasi asupan makanan asin dan lemak tidak sehat.

Sarapan terbaik adalah yang tinggi serat tetapi rendah tambahan gula, karbohidrat, dan garam.

Mengonsumsi makanan padat nutrisi seperti roti gandum, oatmeal, telur, dan buah dapat membantu orang merasa kenyang lebih lama, mengurangi kemungkinan makan berlebihan sepanjang hari.

Makanan terbaik untuk penderita diabetes

Bagi penderita diabetes, berikut menu sarapan terbaik agar gejala tetap terkontrol:

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com