Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Cara Cepat Menurunkan Gula Darah Pasien Diabetes demi Cegah Kematian

Kompas.com - 02/12/2022, 07:31 WIB
Elizabeth Ayudya Ratna Rininta

Penulis

KOMPAS.com - Kadar gula darah yang tinggi dapat membahayakan pasien diabetes tipe 1 dan 2 dengan menyebabkan komplikasi serius yang berujung kematian.

Salah satu risiko komplikasi yang bisa dialami pasien diabetes tipe 1 yaitu ketoasidosis diabetik (DKA).

Kondisi berbahaya ini terjadi jika kadar gula darah berada di angka 240 mg/dL atau lebih. Gejala DKA meliputi mual atau muntah, napas berbau buah, rasa haus yang ekstrem, dan sering buang air kecil.

Baca juga: Ketahui Manfaat Vitamin D untuk Mencegah dan Mengatasi Diabetes

Sementara itu, gula darah tinggi pada pasien diabetes tipe 2 (lebih dari 600 mg/dL dapat menyebabkan sindrom hiperglikemik hiperosmolar nonketotik (HHNK).

HHNK membuat tubuh penderita diabetes membuang lebih banyak cairan lewat urine untuk mengeluarkan darah yang menumpuk. Hal ini lantas meningkatkan risiko dehidrasi, kejang, koma, hingga kematian.

Untuk mencegah risiko tersebut, pasien atau penderita diabetes harus segera menurunkan kadar gula darah dalam tubuhnya.

Berikut 4 cara menurunkan gula darah dengan cepat yang bisa Anda praktikkan.

1. Suntik insulin

Suntik insulin adalah cara paling cepat untuk menurunkan kadar gula darah pasien diabetes tipe 1 dan tipe 2.

Diketahui, insulin merupakan hormon yang membantu mengatur jumlah gula dalam darah atau glukosa.

Tempat terbaik untuk menyuntikan insulin adalah pada perut, lengan, atau deltoid (otot yang menutupi bahu dan digunakan untuk mengangkat lengan ke samping) karena di bagian tersebut peningkatan aliran darah lebih besar dibandingkan area bokong atau paha.

Namun faktor seperti merokok, obesitas, dan aktivitas fisik yang rendah dapat menurunkan aliran darah subkutan dan memperlambat penyerapan insulin.

Selain suntik, ada pula jenis insulin inhalasi yang dapat dihirup oleh penderita diabetes. Uji klinis menunjukkan, insulin inhalasi memiliki manfaat serupa dalam mengatur gula darah, meski tidak seefektif yang suntik.

Namun, insulin inhalasi lebih mahal daripada yang suntik dan tidak cocok untuk pasien asma, kanker paru-paru, atau penyakit paru obstruktif kronik (PPOK).

Baca juga: Alasan Penderita Diabetes Sering Lapar dan Cara Mengatasinya

2. Minum obat tepat waktu

Pastikan Anda meminum obat pengontrol gula darah khusus penderita diabetes dengan tepat waktu. Obat-obatan yang digunakan untuk menjaga agar gula darah pasien diabetes dapat stabil, yaitu:

  • Symlin: bekerja dengan cara menunda proses pencernaan dan mengurangi sekresi glukagon (hormon sintetis yang digunakan untuk mengatasi kadar gula darah terlalu rendah pada penderita diabetes).
  • Precose: menurunkan gula darah dengan mendukung kemampuan tubuh untuk memecah makanan mengandung gula dan tepung
  • Metformin: meningkatkan sensitivitas insulin di tubuh dengan mengurangi jumlah gula yang diproduksi hati dan diserap usus besar.

3. Olahraga

Aktivitas fisik seperti olahraga adalah cara tercepat untuk menurunkan gula darah secara alami. Hal itu karena olahraga dapat menurunkan resistensi insulin dan meningkatkan kemampuan tubuh untuk mengubah glukosa menjadi energi.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com