Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/03/2023, 13:00 WIB
Ria Apriani Kusumastuti

Penulis

KOMPAS.com - Stres yang dirasakan tidak hanya berdampak buruk pada tubuh, tetapi juga bisa memengaruhi kesehatan rambut dan mengubah warnanya menjadi putih.

Stres akan membuat tubuh memproduksi hormon stres yang akan memengaruhi pigmen pada folikel rambut dan menyebabkan rambut yang tumbuh memutih.

Jangan khawatir, beberapa penelitian membuktikan bahwa rambut beruban karena stres bisa hitam kembali atau sesuai dengan warna asli rambut.

Untuk itu, ketahui cara menghitamkan rambut beruban karena stres berikut ini.

Baca juga: Mengenal Penyebab dan Cara Menghilangkan Uban di Usia Muda

Cara menghitamkan rambut beruban karena stres

Dilansir dari WebMD, tubuh akan memproduksi hormon stres yang akan mengurangi produksi melanin, yang merupakan pigmen alami tubuh, sehingga membuat rambut memutih.

Namun, rambut memutih karena stres tersebut hanya bersifat sementara dan bisa kembali seperti sedia kala ketika stres yang dirasakan berkurang.

Ketika penyebab stres tidak bisa dihindari, mengubah gaya hidup bisa dilakukan sebagai cara mengurangi stres dan mengembalikan rambut yang beruban di usia muda.

Disarikan dari Healthline, ada beberapa cara menghitamkan rambut beruban karena stres dengan melakukan pola hidup sehat, seperti:

  • Melakukan lebih banyak aktivitas fisik, termasuk berolahraga, untuk mengurangi rasa stres dan meningkatkan suasana hati
  • Mengurangi konsumsi makanan yang mengandung gula tinggi dan makanan yang diproses
  • Mengurangi penggunaan gadget karena bisa mengganggu tidur dan meningkatkan stres
  • Mengonsumsi suplemen yang diperlukan oleh tubuh, seperti magnesium dan vitamin B
  • Melakukan kegiatan yang disukai, seperti berjalan-jalan atau membaca buku
  • Mengurangi konsumsi kafein dengan jumlah maksimal 400 mg kafein per hari atau sekitar 4 hingga 5 cangkir saja
  • Menghabiskan waktu lebih banyak dengan keluarga atau teman
  • Berani berkata tidak pada hal-hal yang akan mengganggu kehidupan pribadi dan berkontribusi pada stres yang dirasakan, seperti ketika diberi beban kerja yang lebih berat
  • Melakukan pekerjaan dengan segera dan tidak menundanya karena bisa memengaruhi kesehatan serta kualitas tidur
  • Melakukan kegiatan relaksasi, seperti yoga dan meditasi
  • Melakukan kontak fisik, seperti berpelukan, dengan pasangan atau hewan peliharaan untuk meningkatkan produksi hormon oksitosin dan menurunkan kortisol
  • Melakukan lebih banyak kegiatan di luar ruangan
  • Mempelajari teknik pernapasan agar bisa membantu tubuh mengatur ritme denyut jantung

Beberapa cara tersebut bisa dicoba untuk mengurangi stres yang dirasakan serta meningkatkan kesehatan tubuh secara umum.

Baca juga: 7 Penyebab Uban di Usia Muda, Tak Hanya Penyakit

Kapan harus ke dokter?

Menurut Columbia University Irving Medical Center, mengurangi stres yang dirasakan tidak selalu bisa mengembalikan warna rambut seperti semula.

Jika rambut yang beruban karena stres sudah ada selama beberapa tahun, kemungkinan untuk kembali menjadi hitam atau seperti warna rambut semula cukup kecil.

Ketika sudah mencoba cara menghitamkan rambut beruban karena stres di atas tetapi rambut tidak kunjung kembali seperti sedia kala, Anda disarankan untuk mencari bantuan dokter.

Rambut yang beruban belum tentu disebabkan oleh stres dan bisa jadi merupakan gejala dari gangguan kesehatan yang lainnya sehingga perlu diatasi secara medis.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com