Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
CIRCULAR ECONOMY

Penuhi Kebutuhan Mineral Esensial Saat Puasa, Ini Asupan yang Perlu Dikonsumsi

Kompas.com - 10/04/2023, 15:03 WIB
Nada Zeitalini Arani,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Saat berpuasa, tubuh akan mengalami beberapa hal, seperti lemas, mudah lelah, serta mengantuk. Hal ini disebabkan tidak ada asupan, baik makanan maupun minuman yang masuk ke dalam tubuh selama lebih kurang 12 jam.

Agar tubuh tetap bugar selama menjalankan ibadah tersebut, pemenuhan nutrisi penting saat sahur dan berbuka puasa perlu dilakukan. Salah satunya adalah mineral esensial.

Ada dua jenis mineral yang dibutuhkan tubuh, yaitu mineral makro dan mineral mikro. Tubuh membutuhkan mineral makro lebih banyak, seperti kalsium, kalium, fosfor, dan magnesium.

Sementara itu, mineral mikro, seperti zat besi, zink, mangan, dan selenium, dibutuhkan dalam jumlah yang lebih sedikit.

Baca juga: 8 Fungsi Mineral sesuai Jenisnya yang Penting Diketahui

Ada beberapa makanan yang pantang dikonsumsi ibu hamil, seperti beberapa seafood yang mengandung merkuri tinggi.

Untuk diketahui, mineral esensial memiliki beragam manfaat, antara lain membantu pembentukan hemoglobin—protein dalam sel darah merah yang bertugas membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh, mengubah makanan menjadi energi, serta mendukung kerja organ dan jaringan tubuh.

Tidak sulit menemukan bahan makanan yang kaya akan mineral esensial. Berikut adalah rekomendasinya.

1. Telur

Telur merupakan salah satu asupan makanan sehat yang kaya akan mineral esensial, seperti zat besi, fosfor, zink, dan selenium. Nutrisi ini bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, menjaga kinerja fungsi otot, serta membantu pembentukan energi dalam tubuh.

Selain kaya mineral, telur juga mengandung lemak sehat, protein, dan multivitamin yang baik untuk kesehatan tubuh.

2. Kacang-kacangan

Kandungan mineral esensial pada kacang-kacangan terbilang tinggi, mulai dari magnesium, zink, selenium, hingga fosfor. Beberapa kacang-kacangan kaya akan mineral adalah kacang tanah, mete, dan almond.

Anda bisa mengonsumsi kacang-kacangan saat berbuka atau sahur untuk membantu memenuhi kebutuhan mineral esensial pada tubuh selama berpuasa.

Selain dapat disantap sebagai camilan sehat, kacang-kacangan juga bisa dikreasikan menjadi topping pada makanan lain, seperti salad atau oatmeal.

3. Alpukat

Kandungan mineral esensial juga terdapat pada alpukat. Buah ini mengandung magnesium serta kalium yang bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah dan menjaga kesehatan jantung. Selain mineral esensial, alpukat juga kaya akan lemak sehat, serat, dan vitamin.

4. Kerang

Kerang merupakan makanan laut yang tinggi akan zink. Seperti diketahui, mineral esensial ini memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Salah satunya adalah membantu kinerja sistem imun sehingga tubuh tidak mudah terinfeksi.

Baca juga: 8 Fungsi Mineral sesuai Jenisnya yang Penting Diketahui

5. Brokoli

Brokoli juga mengandung berbagai mineral esensial, seperti magnesium, kalsium, sulfur, dan mangan. Sayuran ini jugua kaya serat, serta vitamin C dan K. Jadi, bisa dibayangkan manfaat yang akan didapat tubuh ketika mengonsumsinya.

Apalagi, mengolah brokoli menjadi hidangan yang menggugah selera tidaklah sulit. Anda bisa merebus, menumis, mengukus, atau menjadikannya sebagai campuran salad sayur.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com