Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/09/2022, 12:01 WIB
Mahardini Nur Afifah

Penulis

KOMPAS.com - Mineral adalah salah satu zat gizi penting agar tubuh bisa berfungsi optimal.

Dilansir dari MedlinePlus, beragam organ vital seperti tulang, otot, jantung, sampai otak memerlukan nutrisi ini dalam jumlah cukup.

Terdapat dua jenis mineral, yakni makromineral dan trace mineral. Pertama, makromineral dibutuhkan dalam jumlah cukup besar. Contohnya kalsium, fosfor, natrium, kalium, klorida, dan sulfur.

Baca juga: 13 Manfaat Vitamin sesuai Jenisnya

Kedua, trace mineral yang dibutuhkan dalam jumlah lebih kecil. Contohnya zat besi, mangan, tembaga, yodium, zinc, dan selenium.

Berikut beberapa fungsi mineral sesuai jenisnya yang penting untuk diketahui.

Fungsi mineral

Setiap mineral memiliki manfaat yang berbeda-beda. Berikut beberapa fungsi mineral sesuai jenisnya:

  • Fungsi kalsium

Dilansir dari Netmeds, kalsium penting untuk pembentukan tulang dan gigi, menjaga kekuatan tulang dan gigi, mengaktifkan faktor pembeku darah, menjaga saraf agar bisa berfungsi normal, serta merangsang kontraksi otot.

  • Fungsi zat besi

Dilansir dari BetterHealth, zat besi berguna untuk mengangkut oksigen dalam darah, memasok energi ke sel, serta membantu sistem kekebalan tubuh berfungsi optimal saat melawan infeksi.

Baca juga: 5 Fungsi Kalsium, Tak Hanya untuk Menjaga Kesehatan Tulang

  • Fungsi zinc

Zinc bermanfaat untuk menunjang kinerja organ vital, membantu tumbuh kembang agar bisa berjalan optimal, membantu sistem kekebalan tubuh. Selain itu, zinc juga membantu menghasilkan vitamin A dan mengedarkannya ke seluruh tubuh.

  • Fungsi klorida

Mineral klorida berfungsi untuk memproduksi cairan asam lambung. Cairan ini digunakan untuk mencerna makanan. Mineral ini bersama dengan natrium juga bekerja sama untuk menjaga keseimbangan elektrolit di dalam tubuh.

Baca juga: 10 Fungsi Fosfor untuk Tubuh, Mineral Terbanyak Kedua Setelah Kalsium

  • Fungsi magnesium

Magnesium bermanfaat untuk proses biokimia yang mengendalikan kontraksi otot dan impuls saraf. Selain itu, mineral ini juga membantu mengontrol gula darah, tekanan darah, dan memperkuat tulang.

  • Fungsi fosfor

Fosfot berguna untuk pertumbuhan tulang dan menjaga fungsi sel agar tetap normal. Mineral ini juga bekerja sama dengan vitamin B untuk mengubah makanan menjadi energi, agar bisa digunakan tubuh sebagai sumber tenaga.

Baca juga: 8 Fungsi Magnesium untuk Tubuh, Penting untuk Tulang sampai Jantung

  • Fungsi kalium

Kalium berfungsi untuk menunjang kinerja sistem saraf, merangsang kontraksi otot, menjaga kebugaran tubuh, dan menjaga irama jantung agar tetap normal.

  • Fungsi natrium

Natrium bermanfaat untuk mengendalikan tekanan darah, menjaga fungsi otot dan saraf agat tetap normal, serta bekerja sama dengan klorida untuk menjaga keseimbangan cairan sel.

Mengingat ada banyak fungsi mineral yang berbeda-beda sesuai jenisnya, pastikan Anda mencukupi kebutuhan nutrisi ini. Cara terbaiknya, dengan menjalankan pola makan bergizi lengkap dan seimbang agar bisa menjangkau seluruh sumber mineral ini.

Baca juga: 10 Fungsi Tembaga untuk Tubuh, Penting untuk Kekebalan sampai Otak

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com