Kompas.com - 27/09/2022, 12:01 WIB

KOMPAS.com - Mineral adalah salah satu zat gizi penting agar tubuh bisa berfungsi optimal.

Dilansir dari MedlinePlus, beragam organ vital seperti tulang, otot, jantung, sampai otak memerlukan nutrisi ini dalam jumlah cukup.

Terdapat dua jenis mineral, yakni makromineral dan trace mineral. Pertama, makromineral dibutuhkan dalam jumlah cukup besar. Contohnya kalsium, fosfor, natrium, kalium, klorida, dan sulfur.

Baca juga: 13 Manfaat Vitamin sesuai Jenisnya

Kedua, trace mineral yang dibutuhkan dalam jumlah lebih kecil. Contohnya zat besi, mangan, tembaga, yodium, zinc, dan selenium.

Berikut beberapa fungsi mineral sesuai jenisnya yang penting untuk diketahui.

Fungsi mineral

Setiap mineral memiliki manfaat yang berbeda-beda. Berikut beberapa fungsi mineral sesuai jenisnya:

  • Fungsi kalsium

Dilansir dari Netmeds, kalsium penting untuk pembentukan tulang dan gigi, menjaga kekuatan tulang dan gigi, mengaktifkan faktor pembeku darah, menjaga saraf agar bisa berfungsi normal, serta merangsang kontraksi otot.

  • Fungsi zat besi

Dilansir dari BetterHealth, zat besi berguna untuk mengangkut oksigen dalam darah, memasok energi ke sel, serta membantu sistem kekebalan tubuh berfungsi optimal saat melawan infeksi.

Baca juga: 5 Fungsi Kalsium, Tak Hanya untuk Menjaga Kesehatan Tulang

  • Fungsi zinc

Zinc bermanfaat untuk menunjang kinerja organ vital, membantu tumbuh kembang agar bisa berjalan optimal, membantu sistem kekebalan tubuh. Selain itu, zinc juga membantu menghasilkan vitamin A dan mengedarkannya ke seluruh tubuh.

  • Fungsi klorida

Mineral klorida berfungsi untuk memproduksi cairan asam lambung. Cairan ini digunakan untuk mencerna makanan. Mineral ini bersama dengan natrium juga bekerja sama untuk menjaga keseimbangan elektrolit di dalam tubuh.

Baca juga: 10 Fungsi Fosfor untuk Tubuh, Mineral Terbanyak Kedua Setelah Kalsium

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.