Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Cara Menjaga Kesehatan Mulut Selama Bulan Puasa

Kompas.com - 19/03/2024, 15:00 WIB
Elizabeth Ayudya Ratna Rininta

Penulis

Sumber Antara

KOMPAS.com - Menjaga kesehatan mulut selama bulan puasa perlu dilakukan untuk mencegah kondisi seperti sariawan, sakit gigi, atau gusi berdarah.

Demi menjaga kesehatan gigi dan mulut selama bulan puasa, Anda dapat perlu rutin mengonsumsi air putih sebanyak 2 liter per hari dan mendapat asupan buah-buahan.

Untuk mengetahui lebih lanjut cara menjaga kesehatan mulut selama bulan Ramadhan, simak penjelasan berikut.

Baca juga: 5 Cara Alami Mengatasi Sakit Gigi Saat Puasa yang Bisa Dijajal

Cara menjaga kesehatan mulut selama bulan puasa

Dokter gigi Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Cipto Mangunkusumo (RSCM) drg. Indira Larasputri, menganjurkan beberapa tips atau cara menjaga kesehatan mulut selama bulan puasa, yaitu:

  • Minum air putih 2 liter per hari

Tips yang pertama adalah minum 2 liter atau delapan gelas air putih per hari untuk menjaga kesehatan mulut saat berpuasa.

"Disarankan itu mengonsumsi air sekitar dua liter, yaitu setelah kita buka puasa itu dua gelas, kemudian saat kita selesai tarawih ya sebelum tidur itu empat gelas, kemudian pada saat sahur itu dua gelas lagi," kata Indira dilansir dari Antara, Selasa (19/3/2024).

Indira mengatakan konsumsi air putih sebanyak delapan gelas per hari saat berpuasa membantu mulut dalam memproduksi air liur yang dibutuhkan dalam satu hari.

Ia menjelaskan, air liur berperan dalam membantu mencegah rongga mulut mengalami kekeringan yang dapat mengakibatkan gangguan, seperti bibir pecah-pecah, kering, dan menyebabkan sariawan yang bisa mengganggu momen puasa.

  • Menjaga kebersihan gigi dan mulut

Cara menjaga kesehatan mulut selama bulan puasa yaitu dengan memastikan kebersihan mulut dan gigi.

Kebersihan mulut yang tidak terjaga bisa menyebabkan timbulnya plak, karang gigi, bau mulut, dan masalah gigi lainnya.

Indira menyebut kesehatan mulut juga saat berpuasa dapat ditingkatkan dengan membersihkan rongga mulut dengan baik setelah sahur, tidak hanya dengan sikat gigi, namun juga benang gigi untuk membersihkan sisa-sisa makanan di sela-sela gigi.

Baca juga: Merawat Gigi Susu Bikin Gigi Permanen Anak Rapi dan Sehat

  • Konsumsi buah dan sayuran

Tips berikutnya yaitu mengonsumsi buah-buahan yang banyak mengandung air dan vitamin seperti semangka, apel, dan pir,

Jangan lupa juga untuk mengonsumsi sayuran mengandung serat,seperti wortel, mentimun, dan brokoli, yang berfungsi untuk membersihkan plak dan iritan di dalam mulut.

  • Mengonsumsi produk susu

Susu dan produk turunannya mengandung vitamin D yang dapat menguatkan gigi Anda.

"Kemudian juga (mengonsumsi) produk susu yang juga merupakan sumber kalsium yang baik untuk gigi dan tulang," ucap Indira.

Adapun terkait konsumsi vitamin dan suplemen tambahan, menurut Indira, hal tersebut tidak terlalu diperlukan untuk menjaga kesehatan mulut selama puasa.

Pasalnya, berbagai makanan sehat seperti buah-buahan dan sayur-sayuran secara alami mengandung berbagai kandungan yang baik untuk kesehatan rongga mulut.

Itulah beberapa cara menjaga kesehatan mulut selama bulan puasa yang bisa dijajal.

Apabila Anda mengalami gangguan kesehatan, seperti sariawan, gigi berlubang, atau gusi berdarah yang dapat mengganggu kelancaran berpuasa, konsultasikan ke dokter gigi untuk mendapat penanganan yang tepat. 

Baca juga: Gigi Susu Harus Dirawat meski Akan Tanggal, Ini Sebabnya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com