Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daun Serai Mengandung Apa? Berikut Daftar Nutrisinya...

Kompas.com - 03/06/2024, 18:00 WIB
Elizabeth Ayudya Ratna Rininta

Penulis

KOMPAS.com - Daun serai atau sereh termasuk bahan alami untuk membuat teh atau rebusan karena dipercaya dapat mendukung kesehatan. Namun, tahukah Anda daun serai mengandung apa saja?

Rupanya, daun serai mengandung vitamin, serat, magnesium, kalium, folat, serta niasin yang punya banyak manfaat bagi kesehatan.

Untuk mengetahui lebih lanjut macam-macam kandungan serai, simak ulasan berikut.

Baca juga: Apa Saja Manfaat Serai? Berikut 10 Daftarnya...

Daun serai mengandung apa?

Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), satu sendok makan serai segar mengandung sekitar lima kalori yang sebagian besar berasal dari serat dan protein.

Selain itu, daun serai mengandung vitamin A, B, C, yang bermanfaat dalam meningkatkan imunitas tubuh, memperbaiki kerusakan jaringan, serta mendukung pembelahan sel.

Selain itu, serai mengandung sedikit vitamin B1, B2, B3, B5, dan B9 (folat).

Daun serai juga diperkaya dengan beberapa mineral, seperti magnesium (2,9 mg), selenium, zinc, kalium (34 mg), mangan (0,2 mg), dan zat besi (0,4 mg).

Magnesium pada serai berperan untuk sintesis protein, glikosis, dan aktivitas otot. Adapun selenium untuk menunjang fungsi kognitif, dan zinc untuk mempercepat penyembuhan luka.

Kemudian, zat besi pada daun sereh berperan penting dalam pembentukan hemoglobin, zat yang bertugas mengirim oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh.

Meskipun demikian, mengonsumsi serai tidak memberi dampak signifikan terhadap seluruh kebutuhan vitamin dan mineral harian Anda.

Untuk itu, pastikan tetap mengonsumsi makanan bergizi seimbang. Anda dapat mengonsumsi air rebusan serai atau menggunakan sereh pada masakan untuk mendapat tambahan nutrisi yang bagus untuk tubuh.

Baca juga: Kapan Waktu yang Tepat untuk Minum Air Rebusan Serai?

Bagaimana cara mengolah daun serai?

Daun serai memiliki sifat anti-inflamasi, antioksidan, anti-bakteri, dan anti-jamur sehingga dapat mencegah peradangan, dampak buruk radikal bebas, serta penyakit musiman dan menular.

Potensi manfaat serai lainnya yaitu mencegah obesitas, menurunkan tekanan darah, meredakan nyeri, merawat kesehatan kulit, mengontrol kadar kolesterol dan gula darah, mengatasi sakit kepala, dan meredakan anxiety atau kecemasan.

Nah, untuk mendapatkan manfaat tersebut, Kamu cukup menggunakan batang dan daun sereh ke dalam masakan atau menyiapkan air rebusannya.

Cara mengolah daun serai untuk dibuat rebusan juga cukup mudah dilakukan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com