Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Terapi Seni dan Manfaatnya bagi Kesehatan Mental

Kompas.com - 06/07/2024, 16:00 WIB
Fadila Rosyada Hariri,
Khairina

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dalam dunia kesehatan mental, terapi seni telah menjadi semakin dikenal dan diakui sebagai pendekatan yang efektif dalam membantu individu mengatasi tantangan psikologis.

Terapi seni memandang kreativitas sebagai kekuatan yang memiliki potensi menyembuhkan dan mentransformasi.

Dengan memahami bahwa setiap karya seni mencerminkan pengalaman dan perasaan unik dari penciptanya, terapi seni memungkinkan individu untuk mengeksplorasi dan memahami berbagai aspek dari diri mereka sendiri dengan cara yang mendalam dan holistik.

Baca juga: Seni Bikin Panjang Umur, Bagaimana Caranya?

Apa itu terapi seni?

Dilansir dari Excel Psychiatry, terapi seni adalah jenis psikoterapi yang mendorong individu untuk menggunakan bahan seni secara ekspresif dan kreatif. Ini menggabungkan proses kreatif dengan wawasan psikologis, memberikan kesempatan untuk berekspresi diri dan penyembuhan.

Tujuan dari terapi seni adalah untuk membantu individu mengeksplorasi dan memahami emosi mereka, mengekspresikan diri, mengembangkan kesadaran diri, mengelola stres, meningkatkan keterampilan komunikasi, membuat perubahan positif dalam hidup mereka, dan mendapatkan wawasan tentang pikiran dan perasaan mereka.

Melalui berbagai media artistik seperti lukisan, patung, musik, atau tari, individu dapat mengeksplorasi dimensi-dimensi dalam diri mereka yang mungkin sulit diungkapkan secara verbal. 

Melalui proses ini, individu dapat mengatasi stres, trauma, kecemasan, dan depresi, serta memperkuat koneksi dengan diri mereka sendiri dan lingkungan sekitar.

Baca juga: Jaga Kesehatan Otak dengan Bermain Alat Musik

Manfaat terapi seni

Dengan bantuan seorang terapis seni, individu dapat menyatakan emosi mereka dan menjelajahi kekuatan penyembuhan dari kreativitas. Berikut beberapa manfaat potensial yang terkait dengan terapi seni:

  • Pelepasan emosional dan ekspresi diri

Salah satu manfaat utama dari terapi seni adalah pelepasan emosional dan ekspresi diri. Melalui ekspresi kreatif, individu dapat menjelajahi perasaan mereka dalam lingkungan yang aman dan nyaman. Ini sangat bermanfaat bagi mereka yang kesulitan menyatakan diri secara verbal atau enggan membicarakan emosi mereka.

Terapi seni mendorong individu untuk terbuka dan jujur dengan diri mereka sendiri sambil juga memungkinkan mereka untuk menyatakan perasaan mereka tanpa hukuman.

  • Mengurangi stres dan kecemasan

Proses kreatif juga dapat membantu mengurangi tingkat stres dan kecemasan. Saat individu menciptakan karya seni, mereka fokus pada tugas tersebut daripada pada kekhawatiran atau kecemasan mereka.

Hal ini dapat menciptakan perasaan ketenangan dalam pikiran dan tubuh, memungkinkan untuk mendapatkan lega dari stres dan kecemasan. Selain itu, menciptakan karya seni seringkali merupakan kegiatan yang menyenangkan dan terapeutik yang dapat memberikan individu rasa kendali atas emosi mereka.

Baca juga: 4 Manfaat Mengejutkan Mendengarkan Musik Metal untuk Kesehatan Mental

  • Meningkatkan citra diri dan kesadaran diri

Terapi seni juga membantu meningkatkan citra diri dan menciptakan rasa prestasi. Dengan menyelesaikan karya seni, individu terlibat dalam kegiatan yang mempromosikan ekspresi diri dan kreativitas. Hal ini dapat mengarah pada peningkatan kesadaran diri, serta peningkatan kepercayaan diri terhadap kemampuan diri sendiri.

  • Memproses trauma dan penyembuhan

Terapi seni juga dapat bermanfaat bagi individu yang mengalami trauma atau peristiwa kehidupan yang sulit lainnya. Melalui ekspresi kreatif, individu dapat menjelajahi emosi mereka dengan cara yang aman dan terapeutik.

Terapis seni terlatih untuk memahami bagaimana seni dapat membantu memproses pengalaman traumatis dan memberikan bimbingan bila diperlukan.

  • Meningkatkan keterampilan komunikasi dan sosial

Terapi seni juga dapat membantu individu mengembangkan keterampilan komunikasi dan sosial yang sehat. Dengan terlibat dalam kegiatan kreatif, individu dapat menjelajahi perasaan mereka tanpa mengungkapkannya secara verbal.

Hal ini memungkinkan untuk pemahaman yang lebih baik tentang pikiran dan perasaan sambil juga memberikan kesempatan untuk berlatih menyatakan diri dalam lingkungan yang aman dan mendukung.

Baca juga: Musik Bisa Hilangkan Stres, Bagaimana Caranya?

Teknik terapi seni

Berikut adalah beberapa teknik umum dalam terapi seni:

  • Lukisan dan menggambar
  • Patung
  • Kolase
  • Seni Pertunjukan
  • Terapi musik
  • Terapi menulis jurnal
  • Meditasi

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau