Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/08/2013, 11:14 WIB
Unoviana Kartika

Penulis

Sumber LiveStrong

KOMPAS.com - Hari raya segera tiba dan kita akan merayakannya dengan panganan lezat untuk disantap bersama kerabat dan keluarga. Tetapi kita juga harus bisa menahan diri saat menghadapi  godaan makanan tinggi lemak dan kalori. Merayakan hari kemenangan bukan berarti perlu mengorbankan kebiasaan makan sehat yang sudah Anda dijalani sebelumnya.

Kunci tetap makan sehat di hari raya adalah merencanakan apa yang akan Anda makan, bawa camilan sehat jika dibutuhkan dan jangan terlena dengan makanan tinggi kalori. Nah, agar tetap bisa makan sehat saat hari raya, tak ada salahnya Anda mengikuti kiat berikut.

1. Awali dengan sarapan sehat
Sarapan sehat dengan menyisipkan buah dan sayur, serta protein seperti telur dan kacang akan menjaga Anda untuk tidak makan berlebihan di siang dan malam hari. Ini juga akan membantu Anda lebih mudah mengendalikan diri jika dihadapkan oleh makanan-makanan tinggi kalori.

2. Sediakan pilihan makanan sehat
Opor ayam, rendang, sayur labu, dan kue-kue khas lebaran memang menggugah selera. Namun makanan-makanan tadi tinggi kalori dan rendah serat. Maka tetap imbangi makanan-makanan tadi dengan sayur dan buah untuk mencukupi kebutuhan gizi harian Anda.

3. Sediakan camilan sehat
Camilan sehat mungkin bisa membantu Anda untuk menjaga tetap kenyang dan tidak makan berlebihan. Pilihan camilan sehat yang bisa Anda siapkan antara lain kacang kulit rebus, kacang almond, dan buah-buahan segar. Makan camilan sehat tiga kali sehari akan membantu menjaga gula darah tetap stabil. Camilan juga cenderung lebih mudah dibawa kemana-mana.

4. Pilih yang lebih sehat
Saat memilih makanan, pastikan penuhi piring Anda dengan makanan yang lebih sehat dulu, sisanya baru isi dengan makanan lainnya. Misalnya, pilih sayur-sayuran atau kacang-kacangan terlebih dulu, baru kemudian ketupat dan opor ayam. Hal ini bertujuan agar Anda kenyang dengan makanan sehat sebelum makan makanan tinggi kalori.

5. Kontrol porsi
Bagaimanapun, mungkin Anda tidak bisa terlepas dari makanan tinggi kalori saat perayaan. Namun menahan diri untuk memakannya dalam porsi kecil merupakan pilihan yang bijak. Untuk memuaskan keinginan makan kue nastar, cobalah sebutir atau dua butir saja. Ingat, jangan terlena untuk terus makan.

6. Minum teh hijau
Teh hijau beberapa saat sebelum makan dapat membantu Anda lebih kenyang, sehingga mencegah makan berlebihan setelahnya. Teh juga kaya manfaat antara lain antioksidan dan membantu mempercepat metabolisme.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com