Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/10/2013, 08:46 WIB
Tanya:
Dok, tinggi saya kira-kira 165 cm dan berat saya hanya 40-41 kg saja. Saya ingin badan saya terlihat lebih berisi dan tinggi, karena saya masih terlihat seperti anak SMP/SMA. Bagaimana caranya? Apakah seumur saya ini masih dapat berkembang lebih lagi? Terima kasih. (AF,20)

Jawab:
Terima kasih kembali ananda AF,
Membuat badan menjadi lebih berisi dan tinggi tentunya tidak terlepas dari pola asupan nutrisi yang dikonsumsi selama ini. Jika dilihat dari data berat dan tinggi badan ananda, nilai IMT sekitar 15, termasuk kriteria berat badan kurang. Tentu saja untuk mendapatkan bentuk tubuh yang lebih berisi, ananda harus mengkonsumsi cukup makanan bergizi yang lengkap dan seimbang. Demikian juga dengan tinggi badan, banyak faktor yang ikut menentukan, antara lain faktor keturunan, nutrisi, rangsangan olahraga, dll.

Ada pun saat yang tepat untuk melakukan penambahan tinggi badan adalah pada masa remaja. Mengapa? Masa remaja merupakan waktu yang sangat penting dalam perkembangan tulang dimana tulang akan berkembang sangat pesat sehingga menjadi lebih panjang, lebih kuat dan lebih padat. Anak perempuan rata-rata mengalami masa pertumbuhan cepat pada usia 10-11 tahun, mencapai puncaknya saat usia 12 tahun dan pertumbuhan melambat sampai usia 18 tahun. Sedangkan anak laki-laki mengalami masa pertubuhan cepat pada usia 12-13 tahun, mencapai puncaknya saat usia 14 tahun dan melambat sampai usia 19 tahun.

Melihat usia ananda yang sudah 20 tahun, berarti ananda sudah melewati masa pertumbuhan cepat, dan saat ini sudah masuk pada tahap melambat. Namun ananda jangan berkecil hati, karena usia mau pun lamanya masa pertumbuhan cepat terutama untuk tinggi badan sangat bervariasi pada setiap individu.

Ada beberapa hal yang dapat ananda lakukan untuk memperbaiki kondisi yang masih kurang dengan :

* Konsumsi nutrisi yang mengandung gizi lengkap dan seimbang.
* Asup makanan terutama yang mengandung cukup protein, kalsium (susu, ikan, brokoli, keju), pospor (keju, cereal, daging sapi, yoghurt, susu, daging ayam, ikan salmon), magnesium (biji-bijian, kacang-kacangan, sayuran hijau), zinc (seafood, daging sapi, daging ayam).
* Cukup vitamin D (cahaya matahari, ikan, susu), vitamin K (sayuran hijau), fitoestrogen (produk kedelai).
* Lakukan olahraga secara teratur.
* Istirahat yang cukup.

Semoga bermanfaat.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com