Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/12/2013, 11:11 WIB
Unoviana Kartika

Penulis


KOMPAS.com -
Siapa yang tidak suka minum susu? Dari bayi hingga orang dewasa menyukai cairan lezat ini sebagai minuman ataupun campuran panganan. Pemanfaatannya pun sangat luas di industri makanan.

Kecintaan pada susu dirasakan juga oleh Khairan Tama. Bocah berusia empat tahun ini mulai mengonsumsi susu ultra high temperature (UHT) sejak disapih di usianya yang ke-satu tahun. Menurut Yudi Fitriandi (40), ayahnya, Khairan lebih suka diberi susu UHT ketimbang susu bubuk.

"Setelah berhenti minum ASI, Khairan sempat dikenalkan susu bubuk, tapi ternyata dia lebih suka susu UHT, makanya hingga sekarang diteruskan," ujar pegawai negeri sipil ini kepada Kompas Health beberapa waktu lalu.

Meskipun memiliki banyak rasa, seperti plain, cokelat, stroberi, dan beberapa rasa lainnya, namun kata Yudi, Khairan lebih menyukai rasa cokelat. Dalam sehari, Khairan bisa mengonsumsi dua hingga tiga kemasan susu 200 ml susu UHT cokelat.

Yudi mengaku pilihannya terhadap susu UHT merupakan keputusan yang baik. Pasalnya, dia kerap merasa sangsi pada susu bubuk yang memiliki bentuk sangat jauh dari aslinya susu, yaitu cair. Sedangkan, susu UHT memiliki bentuk dan rasa yang mendekati susu segar, sehingga menurutnya dapat memberikan manfaat yang sama.

Tak hanya anak-anak, susu juga disukai oleh orang dewasa. Seperti Sabrina Irianto (24) yang mengaku gemar minum susu sejak masih anak-anak. Kebiasaan sehat itu pun tetap dia lanjutkan hingga sekarang.

"Aku paling suka susu segar yang beli langsung dari peternakan. Setelah beli biasanya dimasak (pasteurisasi) dulu, baru diminum. Tapi karena agak repot, kalau mau praktis biasanya aku pilih susu UHT," ujar pekerja kantoran dengan panggilan akrab Ririn ini.

Menurutnya, rutin minum susu membuat badannya lebih segar sehingga membantunya menjalani aktivitasnya sehari-hari. Ririn pun setiap hari mengonsumsi satu hingga dua kemasan susu UHT 250 ml untuk menjaga stamina dan kesehatannya.

Kebaikan susu

Susu dapat dikatakan sebagai bahan pangan dengan kandungan gizi terlengkap. Terbukti dari kandungan susu yang meliputi semua zat gizi, termasuk karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, dan air.

Dokter spesialis gizi klinis dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Rumah Sakit dr Ciptomangunkusumo (FKUI/RSCM) Fiastuti Witjaksono mengatakan, susu mengandung semua zat gizi pembangun tubuh, sehingga baik sekali untuk proses tumbuh kembang, metabolisme, penggantian sel-sel tubuh yang rusak, dan menunjang aktivitas.

"Dari bayi yang baru lahir hingga lansia mendapat manfaat dari mengonsumsi susu secara teratur," ujarnya dalam seminar media yang diadakan oleh Tetra Pak Indonesia beberapa waktu lalu di Jakarta.

Fiastuti menegaskan, susu yang paling baik bagi bayi yang baru lahir hanyalah air susu ibu (ASI). Namun setelah menyapih di usia lebih dari satu tahun, mereka dapat dikenalkan susu lain yang berasal dari hewan.

Menurutnya, pemberian susu hewan setelah menyapih sebaiknya tidak ditunda agar tidak menimbulkan intoleransi laktosa, yaitu ketidakmampuan tubuh mencerna laktosa, jenis gula yang ada pada susu.

Kendati susu dapat memberikan hampir semua zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh, namun Fiastuti tidak merekomendasikan susu sebagai sumber gizi utama. Sumber gizi utama, kata dia, tetaplah makanan padat yang cukup dan seimbang.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com