Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/01/2014, 14:31 WIB


TANYA :

Dok, saya mempunyai keluhan saat membuka mulut. Ketika ingin membuka mulut, tidak bisa lebar-lebar. Namun jika posisi rahang yang bagus, mulut saya dapat terbuka lebar. Apakah ini yang dinamakan dengan trismus ? Saya mengalaminya di bagian pipi kanan, kebetulan bagian bawah ada gigi graham yang berlubang. Dan jika lagi panas dalam, akan muncul gelembung air/nanah. Dan jika itu terjadi, mulat saya lebih susah lagi di buka dok. Apakah trismus ini karena infeksi gigi itu ?

(Tresno, 18, Tangerang)

 

JAWAB:

Halo Tresno di Tangerang,

Sebelumnya saya akan menjelaskan mengenai trismus. Trismus adalah keterbatasan pergerakan rahang, yang berhubungan dengan gangguan sendi rahang dan otot-otot wajah di sekitarnya yang mengontrol pergerakan rahang dan pengunyahan. Akibat dari trismus adalah sulitnya membuka mulut dengan normal, sehingga sulit berbicara, mengunyah atau menelan.

Permasalahan timbulnya bengkak berisi cairan nanah seperti yang anda katakan, menandakan bahwa saat ini gigi geraham kanan bawah anda yang berlubang sudah terlampau dalam dan mengenai saraf gigi, serta telah terjadi invasi bakteri sampai ke ujung akar gigi. Jika didiamkan terus-menerus, infeksi dari gigi tersebut dapat menyebar ke bagian-bagian lain di bawah akar gigi. Bahkan bisa menghancurkan tulang-tulang rahang dibawah akar gigi.

Infeksi bahkan dapat menyebar hingga ke rongga-rongga dibawah wajah atau pipi, lalu menimbulkan pembengkakan di wajah atau pipi, sehingga otot-otot wajah yang mengontrol pergerakan rahang pun terganggu. Hal inilah, yang dapat menyebabkan anda kesulitan membuka mulut dengan normal.

Selain diperparah oleh infeksi gigi yang sudah mengganggu otot-otot wajah, kesulitan membuka mulut juga dapat disebabkan oleh adanya gangguan sendi rahang. Gangguan sendi rahang dapat disebabkan oleh berbagai hal, seperti trauma pada wajah, kebiasaan mengerot-ngerot gigi, menggemeretakan gigi atas dengan bawah, menahan telepon di antara leher dan bahu, gigitan rahang atas dan bawah yang tidak harmonis, adanya penyakit sistemik (misalnya rheumatoid), dan sering dilanda kecemasan atau stres.

Saat ini, sebaiknya anda melakukan pemeriksaan awal untuk mengetahui penyebab utama trismus tersebut pada Dokter Gigi. Sayang anda tidak menyebutkan bagian gigi yang bernanahnya sampai ke daerah mana, jadi saya asumsikan hanya terjadi pada bagian gusi didekat akar gigi yang berlubang tersebut. Sehingga kemungkinan ada hal lain yang lebih utama selain infeksi gigi yang menjadi penyebab trismus tersebut.

Setelah mengetahui penyebab utama trismus, anda dapat mendatangi Dokter Gigi Spesialis Saraf Gigi (Drg.,SpKG) untuk dilakukan perawatan saraf gigi pada gigi geraham belakang kanan bawah anda, sebelum terjadi pembengkakan lebih lanjut pada wajah, dan mengganggu otot-otot wajah anda.

Trismus yang disebabkan oleh gangguan sendi rahang tidak dapat sembuh sendiri, namun pasien dapat melakukan beberapa terapi sendiri di rumah, setelah mendapatkan perawatan dari

Dokter Gigi.

Demikian Tresno, semoga informasinya membantu. Salam gigi sehat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com