Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/01/2014, 11:15 WIB


TANYA :

Dok, beberapa hari ini jika saya sedang bercumbu awalnya saya bernafsu sangat, tetapi tiba - tiba saat sedang bercumbu di tengah tengah, organ seksual saya loyo dok. Padahal nafsu saya sangat menggebu. Saya sudah mengalami ini sekitar  dua kali. Sebelumnya saya normal-normal saja jika melakukan hubungan seks. Apa yang harus saya lakukan dok?  Saya sangat cemas dengan hal ini.. mohon sarannya. Terima kasih.

(Ivandi, 24, Jakarta)

 

JAWAB :

Dalam keadaan sehat dan normal, ereksi penis dapat dipertahankan ketika melakukan hubungan seksual sampai mencapai orgasme dan ejakulasi. Tetapi kalau terjadi penyebab tertentu, maka ereksi tidak dapat dipertahankan atau hilang sama sekali sehingga hubungan seksual terganggu.

Kalau keadaan ini seringkali atau selalu terjadi, itulah yang disebut disfungsi ereksi atau gangguan fungsi ereksi. Tetapi, kalau Anda hanya mengalami keadaan ini dua kali, tentu ini belum dapat disebut disfungsi ereksi.

Mungkin pada saat itu Anda terlalu payah atau kurang tidur atau penyebab lain, sehingga ereksi terganggu. Cobalah lihat apakah gangguan itu terjadi lagi. Kalau ya, tentu Anda memerlukan pemeriksaan yang benar untuk menentukan apa penyebabnya.

Setelah itu dapat diberikan pengobatan yang tepat. Teapi ingat bahwa perasaan cemas yang sekarang Anda alami karena kegagalan dua kali itu, justru dapat menyebabkan ereksi terganggu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com