Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/05/2014, 14:33 WIB

KOMPAS.com  - Anda tentu pernah merasakan kembung, dan perut jadi tak enak rasanya. Namun jangan khawatir, sebab sejumlah makanan yang mudah didapatkan di mana-mana ini ternyata bisa meredakan perut kembung yang Anda derita. Sehingga Anda bisa beraktivitas dengan perut yang terasa ringan kembali. Ingin tahu apa sajakah makanan itu?

1. Pisang. Kandungan potasium dalam pisang mampu menyerap air berlebihan di dalam tubuh yang diikat oleh sodium. Jika perut sedang terasa kembung, makanlah 1-2 buah pisang untuk meredakannya.

2. Yoghurt. Sebagai minuman probiotik yang mengandung bakteri baik, yoghurt bisa melawan bakteri jahat yang tinggal di dalam sistem pencernaan. Mengonsumsi 1-2 gelas yoghurt di kala perut sedang kembung, bisa mengembalikan pencernaan ke kondisi normal kembali.

3. Teh herbal.  Ya, teh herbal sudah sejak lama terbukti mampu mengurangi peradangan sekaligus membuat relaks sistem pencernaan yang sedang mengalami gangguan. Minumlah segelas teh herbal hangat, boleh diberi 1-2 sendok makan madu sebagai pemanis untuk meredakan rasa tak enak pada perut.

4. Mentimun. Sayuran yang satu ini bersifat diuretik atau mampu melancarkan buang air kecil. Kandungan airnya yang sangat banyak namun dengan kandungan serat yang rendah  mampu memperlancar buang air kecil, sekaligus untuk meredakan rasa kembung apda perut.

5. Pepaya.  Dengan mengonsumsi beberapa potong pepaya, perut kembung menjadi bukan masalah lagi. Sebab pepaya merupakan buah-buahan yang memiliki manfaat sebagai pelancar buang air besar.

6. Beras atau nasi. Ya, benar, sebab dibandingkan sumber karbohidrat lainnya, beras atau nasi lebih mudah dicerna oleh sistem pencernaan. Sehingga sangat potensial untuk menghilangkan kelebihan gas yang terjebak di dalam perut. Jadi ketika perut kembung, makanlah nasi beberapa suap saja untuk meredakannya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com