Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyakit Herpes Semakin Banyak Menyerang Orang Muda

Kompas.com - 02/07/2014, 08:09 WIB
Unoviana Kartika

Penulis

KOMPAS.com - Penyakit herpes zoster lebih lazim menyerang orang yang berusia tua, di atas usia 50 tahun. Data dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia menunjukkan, prevalensi herpes zoster paling banyak ditemukan pada orang yang berusia 50 tahun ke atas. Namun dalam beberapa tahun terakhir, herpes zoster semakin banyak ditemukan pada orang yang berusia 40-an tahun.

"Dalam kurun waktu 2009 sampai 2013, herpes zoster mulai sering terjadi di usia sekitar 40 tahun. Meskipun prevalensinya tetap tinggi pada orang di atas 50 tahun," kata dokter spesialis kulit dan kelamin dari FKUI/RSCM Hanny Nilasari dalam talkshow seputar herpes zoster pekan lalu di Jakarta.

Kecenderungan ini pun membuat orang di usia muda sebaiknya tidak meremehkan risiko penyakit ini. Apalagi bagi mereka yang sudah pernah mengalami penyakit cacar air sebelumnya.

Hanny menduga, lebih banyak orang usia muda yang terkena herpes zoster dikarenakan perubahan gaya hidup masyarakat modern. Misalnya ketidakseimbangan pekerjaan dengan kehidupan sehingga tingkat stres menukik tajam, pola makan yang semakin banyak berisi makanan cepat saji, kurang sayur dan buah.

"Gaya hidup seperti itulah yang saya rasa membuat banyak orang muda kini semakin rentan terkena herpes zoster," kata dia.

Perubahan gaya hidup yang cenderung tidak sehat akan membuat daya tahan tubuh menurun. Nah, saat daya tahan tubuh menurun itulah virus cacar air yang telah ada di tubuh menyerang kembali.

Virus penyebab cacar air adalah Varicella zoster yang merupakan virus yang sama yang menyebabkan herpes zoster. Saat seseorang sembuh dari penyakit cacar air, artinya di dalam tubuhnya sudah terbentuk antibodi. Namun virus tidaklah sepenuhnya hilang, sebaliknya menetap di sistem saraf dalam keadaan "tidur".

Herpes zoster banyak ditemukan pada orang usia lanjut, karena pada usia inilah daya tahan tubuh biasanya sudah melemah. Bahkan sebuah studi dalam jurnal Aging and Infectious Disease menyatakan, rata-rata 50 persen yang telah mencapai usia 85 tahun sudah pernah mengalami serangan herpes zoster pada satu waktu dalam hidupnya.

Penyakit yang dikenal juga dengan istilah cacar api memiliki gejala rasa nyeri seperti terbakar, kesemutan atau gatal. Herpes hanya mengenai bagian tertentu yang dilayani oleh saraf yang terkena.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com