Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/07/2014, 10:54 WIB

TANYA:

Ass. dok saya mau tanya, saya sudah menikah 8 tahun tapi belum hamil juga, saya sudah melakukan serangkaian pemeriksaan kedokteran USG, USG Transvaginal, pembiakan sperma, dan sebagainya. Semua hasilnya baik, saya haid terakhir tgl 17-02-2014 sampai sekarang saya belum haid. Hasil USG trakhir di katakan endometrium saya menebal seperti orang hamil tapi tidak ada embrionya. Dokter menyarankan untuk melakukan kuret. Pertanyaan saya : saya hamil atau tidak? kalau hamil kenapa tidak ada embrionya sedangkan kalau tidak hamil kenapa saya di kuret? terimakasih...
 
Fitriawati (28), Surabaya

JAWAB:

Untuk memastikan hamil atau tidak, sebaiknya lakukan pemeriksaan test kehamilan saja. Jika hasilnya negatif, artinya memang belum hamil. Endometrium yang tebal, merupakan tanda akan haid. Ibu bisa minta obat untuk memicu haidnya. Menurut saya belum perlu dikuret.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com