Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/08/2014, 10:36 WIB
Unoviana Kartika

Penulis

KOMPAS.com - Membentuk pola makan sehat seperti mengurangi kadar garam dari masakan tidak harus menjadikan makanan terasa hambar. Tambahan rempah-rempah akan membuat rasa masakan lebih kuat sehingga mampu memanjakan lidah. Belum lagi bumbu alami ini dapat bermanfaat bagi kesehatan.

Berikut sebagian daftar rempah-rempah yang dapat ditambahkan ke dalam makanan, yang selain dapat memperkaya rasa masakan juga menyehatkan tubuh.

1. Ketumbar
Peneliti asal Portugis menemukan, minyak ketumbar memiliki kemampuan untuk memusnahkan bakteri penyebab infeksi, seperti E. coli atau Salmonella. Mereka mengungkapkan, kandungan dalam minyak ketumbar dapat membunuh bakteri dengan cara merusak membran selnya.

2. Jintan
Banyak rempah-rempah yang tercatat kaya akan antioksidan, namun beberapa dipercayai dapat membantu menetralkan radikal bebas yang menjadi penyebab berbagai penyakit, termasuk kanker. Nilai ORAC atau nilai yang menjadi pengukuran antioksidan pada biji jintan mencapai 50.372 untuk 100 gram biji.

3. Kunyit
Kunyit mengandung kadar antioksidan yang tinggi. Untuk 100 gram kunyit, nilai ORAC-nya mencapai 127.068. Penelitian dari University of Michigan Comprehensive Cancer Center juga mengungkapkan, kunyit mengandung pigmen yang memberinya warna kuning yang disebut kurkumin. Pigmen itu bermanfaat untuk mencegah kanker payudara.

4. Lada hitam
Lada hitam banyak difavoritkan untuk menjadi bumbu tambahan masakan. Tak hanya rasanya yang sedap, lada hitam juga memberikan manfaat kesehatan. Studi membuktikan, lada hitam dapat mencegah kanker payudara, menghambat pembentukan sel lemak sehingga membantu melawan obesitas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com