Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dokter Kecil Award 2014 Ajak Peserta Peduli Hidup Sehat

Kompas.com - 07/11/2014, 16:38 WIB

JAKARTA, Kompas.com - Ikatan Dokter Indonesia (IDI) kembali mengadakan kegiatan Dokter Kecil Award 2014 pada tanggal 17-20 November 2014. Program yang telah berjalan sejak 2008 tersebut, tahun ini akan lebih fokus pada upaya preventif dan promotif kesehatan.

Pemilihan fokus materi tersebut, menurut dr.Asturi Putri, panitia Dokter Kecil Award 2014, berangkat dari hasil evaluasi penyelenggaraan tahun lalu.

"Dari evaluasi ternyata banyak kekurangan yang harus diperbaiki, salah satunya adalah masalah konten. Konten mengenai pengenalan jenis obat serta narkotika dan bahan adiktif lainnya dirasa masih sulit untuk diterima oleh anak-anak usia 8-10 tahun. Makanya tahun ini materinya kita ganti menjadi lebih fun dan hanya pada upaya preventif dan promotif," katanya dalam acara jumpa pers di Jakarta (7/11/14).

Salah satu materi yang akan diajarkan kepada dokter-dokter cilik tersebut antara lain pencegahan penyakit dengan cara perilaku hidup bersih dan sehat, misalnya mencuci tangan.

Proses karantina dan grand final Dokter Kecil Award 2014 ini akan dilakukan di Taman Mini Indonesia Indoensia Jakarta. Sekitar 60 perserta yang berasal dari 25 perwakilan IDI seluruh Indonesia akan berkompetisi untuk mendapatkan gelar dokter cilik terbaik dan terfavorit.

Menurut Ketua Umum Pengurus Besar IDI, dr.Zaenal Abidin, kegiatan dokter cilik merupakan rancangan dan inisiatif IDI saat Hari Bakti Dokter. "Waktu itu belum ada kegiatan yang ditujukan untuk anak-anak, padahal jika ingin melakukan perubahan harus sejak dini, akhirnya sejak 2008 diadakan pemilihan dokter cilik dan pada 2009 lingkupnya sudah nasional," katanya.

Tahun ini kegiatan tersebut bekerja sama dengan Reckitt Benckiser, produsen produk-produk kesehatan. (Eva Erviana)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com