Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/11/2014, 11:17 WIB
advertorial

Penulis

Tak sengaja membaca tweet dari seorang pria berusia 25 tahun - "Oya. Sakit itu mahal bro !!! Tapi kok ya sakit itu bisa datangnya tiba-tiba ?!! *gesek lagi, gesek lagi*", tweet pun berlanjut "Buruk itu ketika tiba-tiba sakit di saat ada momen penting sepenting-pentingnya di kantor". Hmmm... tweet tersebut cukup menggelitik karena sedikit menguak bahwa kesadaran masyarakat, terutama pada orang muda, untuk melakukan pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh (check up kesehatan) masih kurang. Bahkan, sampai saat ini check up kesehatan diidentikkan sebagai sesuatu yang mahal. Padahal, mungkin saja kerugian yang ditimbulkan akan lebih besar ketika terlambat menangani penyakit yang seharusnya dapat diketahui sejak dini melalui check up kesehatan. Tak hanya kerugian dari sisi finansial, namun juga dari sisi produktivitas secara sosial. Dalam keadaan sakit, seseorang akan mengalami penurunan kondisi tubuh, sehingga mungkin tidak mampu melakukan aktivitas yang berlebihan.

Dengan adanya perubahan gaya hidup orang muda, khususnya di perkotaan, yang serba instan, kurang gerak, penuh kompetitif, stres dan super sibuk menyebabkan banyaknya kasus "serangan sakit mendadak" pada usia muda. Seseorang yang selalu tampak sehat dan bugar, tiba-tiba saja terjangkit penyakit yang rentan terjadi pada usia muda seperti serangan jantung, stroke, gangguan fungsi hati, dan sebagainya. Selain faktor gaya hidup, tak jarang orang muda tidak sadar memiliki riwayat keluarga yang meningkatkan risiko suatu penyakit.

Check up kesehatan secara berkala menjadi sebuah kewajiban bagi mereka yang berusia muda untuk menjaga kelangsungan dan kualitas hidup. Kita tidak akan pernah tahu kapan datangnya penyakit. Apa pun dapat terjadi pada tubuh kita dari waktu ke waktu, dan penyakit dapat datang dengan cepat atau pun lambat. Oleh karena itu, check up kesehatan secara berkala perlu dilakukan.

Prodia menyediakan check up kesehatan khusus bagi orang muda berusia 18-30 tahun, yakni Panel Check Up Young Generation. Panel ini mencakup pemeriksaan laboratorium minimal lengkap yang perlu dilakukan untuk mengetahui ada atau tidaknya penyakit yang sering dijumpai pada usia muda.

Untuk menggapai impian, tidak hanya dibutuhkan pikiran dan kerja keras, tapi juga kesehatan yang prima.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com