Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dukungan untuk Raka yang Berjuang Melawan Neuroblastoma

Kompas.com - 02/01/2015, 12:36 WIB
Dian Maharani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Perjuangan seorang anak melawan kanker neuroblastoma kembali menyedot perhatian para netizen atau pengguna internet. Kali ini adalah perjuangan anak laki-laki berusia 5 tahun bernama Rakarayan Naraya Satriyo yang didiagnosa kanker neuroblastoma stadium 4.

Dukungan serta doa untuk Raka terus mengalir di akun Instagram rakarayan_satriyo. Di akun tersebut, terdapat foto-foto serta video Raka saat masih sehat hingga menjalani pengobatan di rumah sakit.

masha Allah, saya menangis terharu melihat foto dan videonya ade raka, lekas sembuh yaa ade raka. Semoga diberi kesembuhan oleh Allah SWT, ayah dan bundanya tetap semangat yaa,” tulis akun Instagram dinafadh.

Semangat Raka… semakin sehat dan kembali normal seperti sedia kala,” tulis akun lainnya chairunnisa_surgeon.

Seperti dijelaskan dalam akun Instagram itu, Raka didiagnosa neuroblastoma pada bulan Oktober lalu saat usianya 5 tahun 4 bulan. Sejak saat itu, Raka bolak-balik ke beberapa rumah sakit di Jakarta untuk menjalani serangkaian tes dan juga diopname. Salah satu tindakan dokter untuk Raka saat itu adalah biopsi tumor di dada Raka.

Hingga akhirnya orangtua memutuskan untuk merawat Raka di Rumah Sakit Mounth Elizabeth, Singapura. Hasil pemeriksaan lebih lanjut, kanker ternyata sudah menyebar di dada dekat paru-paru, perut, tulang ekor, sumsum tulang belakang, dan di belakang mata.

Menurut dokter, Raka pun harus menjalani 8 proses kemoterapi dan beberapa kali operasi. Kodisi Raka saat menjalani kemoterapi, transfusi darah, dan pascaoperasi juga selalu dikabarkan melalui akun Instagram tersebut. Kondisi terakhir, Raka kian membaik dan sudah diperbolehkan pulang dari rumah sakit di Singapura itu.

“Alhamdulillah akhirnya raka boleh pulang. Terima kasih doanya teman2 #cintauntukraka. Insyaallah jumat ini raka CT scan, untuk persiapan operasi kedua minggu depan. Mohon doanya lagi semoga semuanya berjalan lancar.” Demikian informasi terakhir yang dituliskan di akun Instargam rakarayan_satriyo, Kamis (1/1/2014).

Raka yang menggemari grup musik Coboy Junior itu tampak sebagai anak yang ceria dan penuh semangat. Raka sangat suka difoto dan selalu tersenyum saat menjalani pengobatan.

Semangat Raka itu salah satunya terlihat ketika ia mengisi waktu di rumah sakit dengan menggambar meskipun penglihatannya menurun karena kanker. Raka juga tetap suka bermain di atas kasur rumah sakit meski dengan kepala dikompres karena demam dan telah transfusi darah. Para netizen pun memuji semangat Raka itu.

Sumpah ini anak hebat banget. Salut, bravo! Senyum terus! Cepet sembuh raka,” tulis akun Instagram banicosmo.

Perjuangan Raka untuk sembuh dari penyakitnya belum selesai karena masih ada operasi berikutnya. Dukungan untuk Raka dengan tagar #cintauntukraka pun terus mengalir di media sosial, seperti Instagram, Twitter, dan Facebook.

Mereka berharap Raka bisa melewati semua proses pengobatan dengan lancar dan kembali sehat. Tak hanya dukungan moral, donasi juga dikumpulkan untuk membantu biaya pengobatan Raka yang tak sedikit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com