Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/10/2015, 17:35 WIB
Dian Maharani,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menyambut Hari Kesehatan Jiwa Sedunia pada 10 Oktober 2015 mendatang, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya menggelar Pekan Proyeksi Jiwa pada 5-8 Oktober 2015. Pekan Proyeksi Jiwa diisi dengan kegiatan menonton film tentang kesehatan jiwa dan dilanjutkan dengan diskusi film tersebut.

Ketua Panitia yang juga Ketua Program Studi Magister Psikologi Unika Atma Jaya, Eunike Sri Tyas Suci mengungkapkan, pemutaran film ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan mendapatkan dukungan dari masyarakat mengenai kesehatan jiwa.

"Kita ingin menyampaikan pesan yang bisa dengan mudah diterima oleh masyarakat. Lewat film kita berharap masyarakat memahami dan menjaga martabat orang dengan kesehatan jiwa," terang Tyas di Unika Atma Jaya, Jakarta, Senin (5/10/2015).

Film utama yang ditayangkan yaitu seri film dokumenter karya seorang antropolog dan psikiater transkultural, Robert Lemelson. Semua film merupakan kisah nyata yang terjadi di Jawa dan Bali, yaitu Memory of My Face, Bird Dancer, Shadows and Illumination, Ritual Burden, Family Victim, dan Kites and Monster. Film lainnya, yaitu Beautiful Mind, Pertanyaan Untuk Bapak, Silver Lining Playbooks, Still Alice, Girl Interrupted, dan Berikan Kami Harapan.

Film tersebut akan ditayangkan di Universitas Atma Jaya pada 5-8 Oktober 2015. Dokter Spesialis Kesehatan Jiwa Mahar Agusno mengatakan, memahami kesehatan jiwa penting untuk menghapus stigma terhadap orang dengan ganggguan jiwa. Sama halnya dengan sakit secara fisik, orang dengan gangguan jiwa juga bisa diobati.

Namun, tak hanya pengobatan secara medis, mereka juga butuh rehabilitasi sosial. Di sinilah pentingnya dukungan dari keluarga dan masyarakat sekitar. "Saya berharap pandangan masyarakat tentang gangguan jiwa lebih baik, sehingga orang dengan gangguan jiwa mendapat penanganan sebaik-baiknya," kata Mahar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com