Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/10/2015, 12:00 WIB
KOMPAS.com - Stroke adalah penyakit berat yang bisa berdampak pada kecacatan, bahkan kematian. Padahal, penyakit ini sebenarnya bisa dicegah dengan melakukan kegiatan sederhana dan murah seperti berjalan kaki.

Wanita yang punya kebiasaan jalan kaki dua jam atau lebih setiap minggunya, atau pun jalan cepat, memiliki risiko yang lebih rendah terkena stroke. Demikian menurut penelitian.

Menurut penelitian yang menganalisa kebiasaan sehat 39.315 tenaga kesehatan perempuan ditemukan, mereka yang jalan kaki dengan kecepatan lebih dari 3 mil perjam atau lebih, risikonya terkena stroke 37 persen lebih rendah.

Sementara itu wanita yang melakukan olahraga jalan kaki dua jam atau lebih setiap minggu, penurunan risikonya sampai 30 persen.

"Aktivitas fisik, termasuk jalan kaki rutin, sangat penting dalam pencegahan stroke. Aktivitas fisik ini akan menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah," kata Jacob R.Sattelmair dari Harvard School of Public Health.

Selain malas bergerak, ada beberapa faktor risiko yang bisa meningkatkan kemungkinan terkena stroke. Misalnya saja merokok, obesitas, sering menderita migrain, serta penggunaan hormon setelah usia menopause.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com