Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/12/2015, 17:03 WIB

KOMPAS.com - Mengelola stres dalam kehidupan adalah hal yang penting, agar pekerjaan yang kita lakukan tidak terganggu. Karena itu, perlu menyediakan ruang khusus di rumah. Berikut ini enam jenis ruangan di rumah yang bisa membantu meredakan stress.

 

1. Ruang meditasi

Meditasi menjadi pembangkit tenaga dari teknik mengatur stres. Meditasi memiliki banyak manfaat, baik secara fisik fisik maupun emosional, bahkan dapat membantu meningkatkan kemampuan mengatasi stres yang akan dihadapi di kemudian hari.

Ruangan khusus meditasi akan membantu kita melakukannya secara teratur. Ruangan atau tempat yang nyaman dapat membantu seseorang lebih menikmati meditasinya.

 

2. Home Gym

Olahraga teknik, yaitu gym dapat mengurangi stres dan juga kemudian meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Tak jarang, orang malas untuk pergi ke pusat olahraga karena berbagai alasan.

Kita bisa menciptakan ruangan gym yang sederhana di rumah agar dapat secara teratur berolahraga. Mulailah dengan membeli peralatan yang mudah serta murah terlebih dulu, misalnya barbel.

 

3. Surat menyurat dengan kerabat

Surat menyurat dapat menjalin hubungan kita dengan orang lain menjadi lebih baik dan akan menghilangkan stres.

Hasil studi penelitian menunjukkan, banyak manfaat dari menjalin hubungan yang kuat dengan mengatur stres, baik melalui email, Facebook, atau apapun. Sediakan sudut di rumah untuk menulis dan membaca surat dari kerabat yang kita sayangi.

 

4. Tempat refleksi diri               

Menulis sebuah jurnal atau semacam catatan tentang pengalaman kita, dapat menjadi cara untuk mengurangi stres. Buatlah sebuah tempat untuk menulis itu semua, yaitu ruang refleksi. Gunakan meja dan kursi yang senyaman mungkin.

 

5. Ruangan dengan pemandangan alam

Stres memiliki hubungan yang efektif dengan alam, sehingga banyak orang yang menemukan bahwa ketika berada di alam maka akan lebih menenangkan.

Ciptakanlah suasana alam di rumah, mungkin dengan tanaman hias yang digantung di luar jendela.

 

6. Semua sudut ruangan harus rapi

Atur semua sudut ruangan di rumah dengan baik dan rapi. Rumah yang berantakan akan meningkatkan stres. Karena itu, sangat penting membersihkan dan merapikan semua ruangan di rumah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com