Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alat "Fitness Tracker" Ini Bisa Deteksi Hamil hingga Patah Hati

Kompas.com - 22/04/2016, 14:03 WIB
Kontributor Health, Dhorothea

Penulis

Sumber time.com

KOMPAS.com - Alat fitness tracker tak hanya mendorong kita untuk semangat olahraga dan hidup sehat. Alat ini juga ternyata bisa memberi tahu lebih banyak soal kesehatan fisik dan mental kita.

 

1. Mendeteksi Kehamilan
Fitbit seorang wanita di New York mencatat data-data di luar kebiasaan pada Februari. Pria yang menyebut dirinya David, curiga ada malfungsi pada alat milik istrinya itu dan minta bantuan teknik ke Reddit.

"Fitbit miliknya menunjukkan detak jantung konsisten lebih tinggi beberapa hari terakhir ini. Dia masuk ke zona pembakaran lemak yang menurut saya tak mungkin, jika melihat level aktivitas dia," tulisnya. David juga melihat istrinya tidak membakar ekstra kalori.

Reddit yang menolong David mengatakan, ada kemungkinan istri David hamil. Belakangan ia mengonfirmasi istrinya, Ivonne benar-benar hamil setelah melakukan tes kehamilan.

 

2. Harus Cepat-cepat ke Dokter
Awal bulan ini Annals of Emergency Medicine menerbitkan kasus terlapor pertama alat fitness tracker membantu keputusan medis.

Ini terjadi ketika pria 42 tahun datang ke ruang gawat darurat dengan detak jantung tak teratur. Dokter menggunakan data Fitbit untuk mencari tahu dengan pasti saat aritmia (detak jantung tak teratur) terjadi.

Mengetahui aritmia terjadi dalam 48 jam terakhir, tim dokter mampu mengobati pasien dengan elektrokardioversion untuk mengeset ulang ritme jantung alaminya.

Penulis laporan tersebut, Alrred Sacchetti, MD percaya Fitbit pengukur detak jantung dapat menjadi alat berharga dalam keadaan darurat.

 

3. Patah Hati
Koby Soto, seorang wirausaha dan mahasiswa hukum dari Israel, sedang belajar pada Sabtu siang bulan Januari ketika pacarnya menelepon memutuskan hubungan mereka.

Ia amat terpukul dan melakukan yang terbaik untuk melewatkan hari itu. Di tempat tidur malam itu ia tak mampu tidur dan memutuskan mengecek Fitbit. Ia menemukan ketika pada pukul 12.30, detak jantungnya naik dari 72 denyut per menit menjadi 88 dan naik terus sepanjang hari. Denyut itu memuncak menjadi 118 denyut per menit.

Setelah Soto membagi pengalaman ini secara daring, ia kebanjiran respons karena grafik Fitbit ini menjadi menyebar luas tak terkendali di internet. Fitbit UK bahkan menawarkannya pelukan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com