Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Tips Menjaga Mata Tetap Sehat dan Mencegahnya dari Kebutaan

Kompas.com - 19/07/2016, 16:35 WIB
Lily Turangan

Penulis

KOMPAS.com - Jika Anda tidak pernah punya masalah penglihatan, mungkin Anda tidak akan memberikan banyak perhatian terhadap mata. Mungkin juga, Anda tidak menyadari adanya perubahan yang terjadi pada mata seiring dengan bertambahnya usia.

Faktor usia memang tidak bisa dicegah. Namun, kerusakan mata tidak hanya disebabkan oleh usia. Ada beberapa faktor lain menjadi penyebabnya. Untungnya, langkah-langkah pencegahan yang sederhana seperti mengenakan kacamata hitam dan makan sayur dapat membantu melindungi penglihatan Anda.

Berikut adalah daftar 10 fakta tentang mata yang akan membantu Anda melindungi jendela jiwa tersebut agar tetap sehat di tahun-tahun yang akan datang.

 

1. Apa yang Anda makan sangat memengaruhi kesehatan mata Anda.

Makan dengan baik adalah cara paling utama untuk merawat mata Anda, kata Rebecca Taylor, M.D., dokter mata di Nashville Vision Associates di Tennessee, dan juru bicara American Academy of Ophthalmology.

Dia juga merekomendasikan sayuran berdaun hijau gelap seperti bayam atau kangkung dan sayuran berwarna cerah. Sayuran berdaun hijau memberikan nutrisi lutein dan zeaxanthin, yang terbukti membantu mengurangi risiko penyakit mata.

Sementara vitamin A adapat ditemukan dalam sayuran kuning dan oranye terang seperti wortel dan ubi jalar. Tambahkan juga buah-buahan seperti stroberi, jeruk, dan mangga untuk kecukupan vitamin C dan antioksidan lainnya, yang berguna membantu melawan penyakit mata.

2. Pemeriksaan mata yang komprehensif.

Ini berguna untuk mengetahui sejak awal jika ada masalah penglihatan. Melakukan pemeriksaan mata secara teratur adalah satu-satunya cara untuk mengantisipasi berbagai masalah, seperti glaukoma atau penyakit mata karena diabetes.

Kebanyakan orang dengan masalah penglihatan harus menemui dokter mata mereka sekali setahun untuk memastikan penglihatan mereka tidak berubah. Jadwal pemeriksaan yang sebaiknya dilakukan:

Usia 40 tahun: pemeriksaan mata dasar

Usia 40- 55: pemeriksaan mata setiap dua hingga empat tahun sekali

Usia 55-64: pemeriksaan mata setiap satu sampai tiga tahun sekali

Usia 65 ke atas: pemeriksaan mata setiap tahun

 

3. Merokok sekarang dapat menyebabkan masalah mata di kemudian hari.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com