Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilates Memang Mahal, tetapi Efektif Memperindah Tubuh

Kompas.com - 25/07/2016, 10:52 WIB
Kontributor Health, Dhorothea

Penulis

Sumber POP SUGAR

KOMPAS.com - Pilates adalah olah tubuh yang jadi favorit banyak pesohor. Mengapa? Sebab, olahraga ini sangat manjur membentuk tubuh jadi lebih langsing dan kencang.

Masalahnya, pilates tidak murah. Di Jakarta, untuk ikut kelas pilates dibutuhkan dana di atas Rp 150.000 sekali datang. Kelas privat tentu lebih mahal lagi.

Ada alasan mengapa harganya mahal. Alat seperti tempat tidur yang bernama reformer membuat harga kelas jadi mahal. Ini yang bikin harga mahal itu sebanding dengan manfaatnya. Nah, ketahui apa saja manfaat dari reformer ini.

1. Reformer melatih banyak otot sekaligus
Reformer adalah mesin yang melatih perut, kaki, bokong, lengan, sekaligus punggung.

2. Posisi selalu terkontrol
Katie Warmuth, instruktur dari Pilates ProWorks di San Francisco, mengatakan, reformer memberikan tambahan manfaat memperpanjang dan menguatkan otot dengan aman sekaligus memperbaiki fleksibilitas dan postur karena otot-otot kita bekerja melawan resisten per dari reformer. Hal itu menyebabkan otot memanjang.

3. Reformer tak bisa dicurangi
Jenn Seracuse, Direktur FlexPilates, mengatakan, "Anda tak bisa mencurangi reformer. Jika otot-otot tidak aktif, kita akan langsung tahu. Ketika Anda tidak di posisi yang benar, Anda tak akan mampu menggerakkan reformer. Tidak ada ruang untuk kesalahan ketika harus berhubungan dengan posisi. Ini berarti Anda akan berada di posisi yang benar terus-menerus. Ujungnya, Anda terhindar dari cedera."

4. Instruksi lebih personal
Di gym, kita sering ikut kelas berisi 60 orang. Instruktur tentu tak bisa memperhatikan semua peserta satu per satu sesuai kebutuhan.

Di kelas pilates, hanya ada sedikit reformer di ruangan. Ini berarti hanya ada sedikit peserta di kelas dan lebih banyak perhatian dan instruksi dari guru.

"Memiliki seorang instruktur yang dapat mengawasi dan memperbaiki posisi itu tak ternilai," kata Seracuse. Ini artinya tak ada peserta yang dapat bersembunyi di baris belakang.

5. Aktivasi otot lebih dalam
Setelah mengikuti kelas pilates, ada momen otot terasa sakit-sakit. Hal itu juga membuat kita menyadari ada otot-otot yang jarang dilatih latihan lain.

6. Latihan ekstra untuk perut
Latihan dengan reformer melatih seluruh tubuh yang berfokus memperbaiki kekuatan otot perut. "Kekuatan perut membantu kita lebih seimbang saat latihan olahraga lain dan menjalani hidup sehari-hari," kata Warmuth.

Perut kuat bukan berarti hanya perut yang rata dan berotot. Perut kuat membantu menguatkan punggung, melindungi tulang belakang, dan menjaga postur jadi lebih baik.

7. Bagus untuk persendian
Bila mengalami cedera lutut, nyeri persendian dan butuh membangun kekuatan saat pemulihan cedera, kelas pilates reformer adalah awal yang baik untuk memulai.
"Menggunakan reformer membantu memperbaiki stabilitas persendian. Juga baik digunakan sebagai latihan tambahan bagi pelari," kata Warmuth.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com