Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Berhenti Minum Pil KB Bikin Perut Gampang Kembung?

Kompas.com - 11/08/2016, 08:00 WIB

KOMPAS.com - Menghentikan kontrasepsi hormonal yang selama ini kita konsumsi ternyata bisa memicu berbagai efek samping. Selain muka berjerawat dan mood swing, berhenti minum pil KB terkadang membuat perut lebih gampang kembung.

Penelitian berhasil mengungkap penyebabnya. Dalam riset yang dilakukan tim dari National Institute of Environmental Health Science disebutkan, kadar vitamin D dalam tubuh wanita cenderung turun setelah mereka berhenti minum pil KB. Kondisi itu juga memicu terjadinya perut kembung.

Penelitian juga menunjukkan, wanita yang memakai kontrasepsi memiliki kadar vitamin D 20 persen lebih tinggi dibanding dengan wanita yang tidak lagi memakai pil itu.

Ketika dalam tubuh wanita terdapat cukup estrogen, maka tubuh juga memproduksi lebih banyak vitamin D dan kalsium. Hal itu merupakan cara alami tubuh untuk membantu perkembangan janin.

Sebenarnya kita menyiasati keluhan kembung tersebut. Salah satunya dengan memastikan tubuh cukup mendapat vitamin D dari makanan, misalnya ikan laut dalam, telur, jamur, dan juga secara rutin terpapar sinar matahari pada beberapa minggu pertama setelah berhenti minum pil KB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com